sitisartikah.com

Cara Custom Domain Blogspot Di Niagahoster

Bismillah, Alhamdulillah wa syukurillah sudah memasuki materi Top Level Domain (TLD) di blogspediacoaching #3. Hal ini merupakan hal yang baru bagi saya selaku newbie di dunia blogging yang mana masih menggunakan domain gratisan dari blogspot. Untuk itu disini saya akan mencoba menbagi pengalaman dalam cara membuat custom domain blogspot di niagahoster.

Dalam materi Top Level Domain, kita diajak untuk tampil lebih professional dengan menggunakan domain sendiri. Terlebih lagi jika ingin lebih berkecimpung dalam dunia sponsorship atau pekerjaan terkait copy writing. Penggunaan TLD ini sendiri akan membantu membranding blog kita sehingga tampil lebih terpercaya.
go profesional dengan tld

Lebih Pro Dengan TLD (Top Level Domain)

TLD atau Top Level Domain adalah bagian akhir dari suatu domain seperti .com, .net, .site, .co.id dan seterusnya. TLD memegang peranan penting dalam menunjukan identitas website. Analoginya TLD seperti nama kontak di handphone, kita tidak perlu repot untuk mengingat IP Address yang panjang dan rumit, cukup hanya mengingat nama dari websitenya.

TLD juga menunjukan tema atau isi dari suatu web. Contohnya seperti .gov berarti situs tersebut merupakan milik dari pemerintah, atau .edu yang berarti milik dari institusi Pendidikan. Selain itu TLD berfungsi untuk menunjukan asal dari web tersebut, seperti .id dari Indonesia, .jp dari jepang.
TLD contohnya
Bagi blogger, TLD bisa menunjukan branding personal blog menjadi lebih professional sehingga tampak lebih terpercaya. Oleh karenanya untuk menjadi seorang professional blogger dibutuhkan perubahan domain menjadi TLD.

Banyak pilihan TLD yang bisa digunakan, namun bagi saya pribadi lebih condong menyukai penggunaan .com sebagai akhiran domain saya. Hal ini dikarenakan kesan familiar dan mudah di ingat dari akhiran .com yang membuat saya memilih untuk menggunakan domain tersebut pada alamat domain saya www.sitisartikah.com.

Harapannya pemilihan nama domain ini dapat memacu semangat pribadi saya untuk terus ngeblog dan dapat menjadi seorang professional blogger.

Custom Domain Di Niagahoster

Setelah menentukan nama dan akhiran blog yang saya inginkan, masuklah pada tahap menentukan vendor untuk membeli custom domain tersebut. Berdasarkan materi cara memasang TLD yang diperoleh terdapat beberapa vendor penyedia costum domain yaitu RumahWeb, Dewaweb, IdCLoudhost dan Niagahoster.
Custom Domain di NH
Pilihanku jatuh kepada Niagahoster, kenapa ya, hmm.. karena berdasarkan review-review yang saya dengar bagi pemula membeli dan memasang custom domain di niagahoster lebih mudah dan simple. Tidak banyak coding, coding yang menghantui..hehehe.

Secara harga mungkin agak sedikit lebih mahal dibandingan dengan vendor lainnya. Cuma saya berpikir ya gapapa toh, itu adalah added value jasa mereka karena telah membuat sistem yang simple dan mempermudah pengguna. Serta dalam mengikuti kegiatan ini saya memang sudah menyiapkan budget untuk pembuatan domain seperti yang telah diinfokan di awal perkenalan materi.

Namun bagi teman-teman yang memang mencari harga miring, bisa melakukan perbandingan terlebih dahulu diantara vendor penyedia jasa custom domain tersebut. Terkait pemasangan atau lainnya, tenang saja, insya Allah ada jalan. Sudah banyak juga blog yang mengulas cara-cara pemasangan custom domain pada tiap vendor dan yakin setiap CS dari masing-masing vendor penyedia sangat fast respon membantu segala halang rintang yang ada.

Berikut adalah cara membeli custom domain di Niagahoster :
  1. Buka Web Niagahoster di www.niagahoster.co.id
  2. Pilih “Domain” pada Homepage-nya, kemudian klik “cari domain”.
  3. Masukan nama domain yang diinginkan seperti “sshardiyanti.com”, jika nama domain tersedia maka kita bisa langsung melakukan transaksi. Jika belum menemukan, bisa mencoba cari nama yang mendekati dan cocok dengan branding yang kita inginkan.
  4. Setelah nama tersedia, kita klik “pilih”.
  5. Kemudian lanjutkan ke transaksi pembayaran sesuai cara pembayaran yang tersedia dan nanti akan ada notifikasi jika pembayaran sudah terkonfirmasi.
  6. Custom domain yang dibeli siap dipasang.
membeli domain di NH

Cara Custom Domain Blogspot Di Niagahoster

Yupp..beli domain udah, sekarang masuk ketahap selanjutnya yaitu pemasangan custom domain tersebut ke blog kita. Jujurly, ini buat deg degan sih, apalagi bagi newbie yang buat blog gratis aja pun baru sebulan yang lalu. Untungnya nih, di niagahoster itu saat kita membeli domain ternyata kita diberikan panduan pemasangan yang menurut saya mudah dipahami.
ebook panduan nh
Akhirnya saya ikuti semua prosedur yang ada dalam panduan tersebut, tapi eh tapi, namanya juga saya, ada aja yang kelewat, sehingga membutuhkan konsultasi dengan customer service niagahoster. Dan emejingnya, fast respon sekali cs niagahoster, serta on point dengan masalah yang kita hadapi.

Setelah melewati malam ke pagi, pagi ke siang, lebay yak, Alhamdulillah atas izin Allah blog saya dapat terpasang pada alamat domain www.sitisartikah.com. Yeayy, senang dan bercampur haru, upaya mengapresiasi diri sendiri (untuk merawat inner child). Seperti ucapan teman saya, membuat domain seperti memiliki rumah baru, yaaa ini mungkin perasaannya waktu dia punya domain.

Lanjut ke cara pemasangan, berikut akan saya jabarkan langkah pemasangan custom domain :
  • Masuk ke akun Blogspot, pilih menu setting dan klik custom domain.
  • Isi kolom dengan custom domain baru, isi lengkap dengan www. Lalu klik save.
  • Akan muncul pop-up message yang berisi dua CNAME. Silahkan dicatat atau dicopy text dan biarkan jendela pop-up tetap tampil. Sebagai contoh : 
    • CNAME 1
      • Name: www
      • Destination: ghs.google.com
    • CNAME 2 :
      • Name: uh4em7syrcgs
      • Destination: gv-3xohtt25d3nh52.dv.googlehosted.com
  • Buka tab baru dan masuk ke member area niagahoster. Pilih tab domain diberanda dan klik Kelola domain.
  • Selanjutnya pilih DNS Management dan klik tombol Blogspot.
  • Setelah itu akan muncul pop-up custom blogspot. Salin CNAME 2 (point 3), Name ke kolom Domain dan Destination ke kolom value kemudian save record.
    input cname2
  • Akan muncul notifikasi bahwa custom blogspot berhasil.
  • Selanjutnya, Kembali ke Blogspot kemudian tulis nama domain, lalu klik save.
  • Perhatikan tampilan setting custom domain, akan berubah menjadi nama domain baru kita.
  • Kemudian “on” kan pengaturan untuk redirect domain, https availability, https redirect.
    tahap akhir pemasangan
  • Setelah itu, beberapa saat kemudian kita dapat membuka blog kita di domain baru yang telah kita buat, dan selamat berkaryaaa.

Catatan Penting

  • Jangan lupa baca bismillah, setiap melakukan prosesnya, agar bisa berjalan lancar.
  • Pastikan memilih domain dan vendor sesuai kemampuan, jadi kita dapat menjaga keberlangsungan alamat domain tersebut.
  • Pastikan nama server pada saat Kelola domain di niagahoster sudah sesuai dengan yang diberikan oleh pihak niagahoster.
  • Kunci sukses berhasil memasang custom domain adalah membaca, sabar dan tenang. 
  • Siapkan jaringan internet yang kenceng yoo.
    penting
Bagaimana mudah kan cara custom domain blogspot di niagahoster? Semoga membantu ya, dan selamat bekarya dengan domain baru-nya.
rumah baru


Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

4 comments

  1. Wah betul bgt mb catatan pentingnyašŸ‘,thanks ya untuk infonya

    ReplyDelete
  2. MasyaAllah... Membaca, sabar, dan tenang. Betuul banget sih... Kemarin salah satu kendalaku sempat gak tenang pas pasang, jadi menggoyahkan kesabaran. Hehehe

    ReplyDelete
  3. Catatan pentingnya bener banget. Sabar dan bismillah semoga lancar. Alhamdulilah ya setting di niagahoster mudah ya mbak

    ReplyDelete
  4. Nah, bener banget mbak. Aku dulu pas pasang nyandet di nameserver. Nggak aku unah kayak panduan makanya gak berhasil settingnya. Pas kontak CS, dikasih instruksi suruh ubah nameserver. Ealah ternyata masalahnya sepele, tapi krn aku gak teliti jadi nyandet wkwk

    ReplyDelete

Post a Comment