sitisartikah.com

Manfaat Canva Bagi Blogger


manfaat canva bagi blogger
Bismillah,
Halo booster reader, Kembali lagi kita akan membahas seputar dunia blogging. Kali ini kita akan membicarakan mengenai aplikasi canva serta manfaat canva bagi blogger. Aplikasi canva ini merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat tampilan artikel dalam blog menjadi lebih sedaap dipandang dan lebih menarik.

Artikel yang ditulis oleh blogger diharapkan menjawab pertanyaan yang dicari oleh pembaca. Untuk mendapatkan atensi dari pembaca dibutuhkan suatu infografis yang memudahkan pembaca memahami maksud dari artikel yang kita buat.

Nah infografis ini merupakan penggabungan dari dua kata yaitu berisi informasi dan grafik atau gambar. Secara harfiah infografis adalah sebuah media informasi yang disajikan dalam bentuk teks serta dipadukan dengan elemen visual seperti gambar, ilustrasi dan lainnya.

Dengan membuat sebuah infografis dalam artikel blog kita, pembaca akan lebih mudah menyerap atensi pembaca, sehingga informasi yang kita sampaikan dapat sesuai tujuan. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat infografis adalah dengan menggunakan canva.

Yuk kita simak lebih lanjut seluk beluk mengenai canva!

Apa itu Canva, Kelebihan dan Kekurangannya

Canva adalah aplikasi desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Aplikasi ini menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan dalam berbagai tujuan, seperti presentasi bisnis, katalog bahkan logo usaha.

Ada banyak desain yang Canva siapkan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Canva membagi penggunanya dalam tiga kelompok besar dan kelompok pengguna khusus. Berdasarkan informasi dari web canva, pembagian pengguna adalah sebagai berikut :
Kategori pengguna canva
  • Canva Free : Pengguna tidak dikenakan biaya dalam menggunakan elemen desain yang terdapat pada canva. Namun tidak dapat mengakses gambar atau elemen yang berlogo berbayar.
  • Canva Pro : Pengguna melakukan upgrade fitur pelengkap desain di canva dengan mengupgrade status penggunaannya menjadi pro. Pada canva pro, pengguna dapat menggunakan fitur-fitur yang lebih cangih seperti brand kit, background remover, sizing sehingga dapat menghasilkan desain seperti yang dibuat oleh seorang professional.
  • Canva Interprise : pengguna canva pada level perusahaan yang bertujuan untuk me-manage brand atau promosi kegiatan usaha mereka.
  • Canva Education : diperuntukan untuk mendukung kegiatan Pendidikan. Sehingga beberapa elemen yang ada di pro dapat digunakan oleh pengguna canva education dan bersifat gratis.
  • Canva non profit : diperuntukan untuk organisasi non profit.
Penggunaan aplikasi canva ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Adapaun kelebihan dari aplikasi canva ini adalah sebagai berikut :
  1. User Friendly
  2. Desain Template yang Banyak
  3. Kaya akan elemen
  4. Desain tersimpan rapih
  5. Elemen dan fitur terus berkembang
  6. Dapat melakukan kolaborasi bersama teman
Untuk Kekurangan aplikasi canva ini adalah sebagai berikut :
  1. Aplikasi canva membutuhkan sinyal yang kuat untuk dapat mengakses seluruh elemennya dengan optimal.
  2. Desain Terlalu Mainstream : Desain template yang ada dapat digunakan oleh pengguna blog lainnya.
  3. Menghabiskan memori penyimpanan
Walau terdapat beberapa kekurangan, penggunaan canva untuk mendesain infografis atau elemen blog lainnya masih terbilang lebih banyak keuntungannya.
kelebihan dan kekurangan

Manfaat Canva Bagi Blogger

Seperti yang telah diurai diatas, penggunaan canva dalam dunia blogging yaitu untuk membantu penulis membuat header blog, blog banner dan infografis artikel. Kebutuhan akan infografis bagi blogger sangat tinggi karena infografis dapat meningkatkan performa blog, meningkatkan brand awareness, ajang promosi yang efektif dan efiesien.

Penggunaan infografis juga membuat tulisan lebih hidup dan mudah untuk bagikan. Karena secara psikologi menyebutkan 90% bagian otak manusia lebih cepat menerima informasi secara visual dibandingkan teks. Dengan melihat kelebihan yang dimiliki aplikasi canva ini dapat menjadikanny sahabat para blogger untuk menghasilkan desain infografis yang eye catching.

Cara Membuat Infografis Di Canva

Sebelum masuk ke pembuatan infografis, kita akan kenalan terlebih dahulu dengan tampilan canva. Saat ini saya akan mencoba menampilkan tampilan dalam bentuk web base di laptop. Adapun untuk penggunaan aplikasi di mobile handpone tidak berbeda jauh dengan web base.
homepage canva
Cara membuat infografis dengan canva terbagi menjadi dua yaitu melalui jalan ninja dan cara original. Untuk jalan ninja, user dapat menggunakan secara langsung template yang telah tersedia, dengan mengganti isi template sesuai tujuan desain.
list infografis
Sedangkan cara original adalah membuat infografis mulai dari awal dokumen kosong. Kelemahan dari cara original ini adalah membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan jalan ninja. Bagi saya pribadi saya lebih sering menggunakan jalan ninja, karena lebih praktis dan dapat diotak atik juga sesuai selera kita.

Pertama, memilih template infographic sesuai tema yang ingin kita tulis
Kedua, modifikasi desain yang ada sesuai dengan keinginan kita, bisa ditambahkan berbagai macam tulisan atau elemen lainnya guna mempercantik infografis yang ada.
trip infographic
Ketiga, bisa menyimpan atau mengunduhnya.
pilih menu download
Pilih menu download
format download
Pilih Format

klik download
Download File

Tips Mengorganisir Elemen Di Canva

Berdasarkan materi yang disampaikan oleh mbak hamimeha, dalam menggunakan canva kita dapat mengorganisir elemen-elemen yang telah kita temukan. Cara mengorganisirnya adalah dengan memanfaatkan fitur folder dengan tahapan sebagai berikut :
  • Pilih elemen yang ingin disimpan
  • Tekan elemen tersebut agak lama sampai muncul kotak info
  • Pilih add folder. Jika belum punya
  • Lanjut create folder ntar disimpan aja di folder itu elemen2 yg ingin kita simpan.
Pengelompokan elemen ke dalam folder akan memudahkan kita nantinya jika ingin menggunakan elemen tersebut untuk desain lainnya. Dengan pengorganisiran elemen ini cara kerja kita akan menjadi lebih cepat dan efisien.

Selain fitur folder, fitur-fitur yang biasa saya gunakan dalam mendesain di canva adalah template blog banner, header blog, logo desain, frame image, text dan element lainnya. Untuk keyword yang biasa digunakan pada fitur elemen seperti basic abstract, math elemen, reading book, happy boy, hijab girl, book dan banyak lainnya.

Salah satu catatan yang ditekankan mbak hamimeha, kunci berhasil mendesain di canva adalah praktik praktik praktik. Yuk kita mulai dari sekarang untuk bisa melengkapi blog dengan infografis atau banner artikel yang sesuai dengan tema artikelnya.
kunci sukses mendesain canva

Penutup 

Demikianlah uraian mengenai manfaat canva bagi blogger. Besar harapannya uraian diatas dapat membantu kita dalam lebih mengoptimalkan blog kita. Selamat mencoba mengeksplore canva!
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

3 comments

  1. Yaay! Semangat mengeksplore canva juga mba! 💪😁
    Semoga kita bisa bikin infografis yang kece jadi bisa bikin blog kita makin keren juga. Aamiin

    ReplyDelete
  2. Semenjak ada canva bikin desain bisa lebih mudah

    ReplyDelete
  3. Canva sangat user friendly untuk blogger pemula. Kebutuhan desain jadi lebih mudah. Hehe

    ReplyDelete

Post a Comment