sitisartikah.com

Strong why, Blogging!!

Assalamu’alaikum.. Haloo..halooo.. 

Semoga hari kalian penuh keberkahan yaa. Kali ini saya ingin berbagi Strong why, Blogging!! Bisa dibilang story behind my blogging ya. Karena memang saya mulai blog ini dari nol banget dari minim sekali pengetahuan akan blogging.

Sedikit flash back, dulu pekerjaan saya mengharuskan saya berinteraksi dengan orang banyak, menyajikan materi, serta berelasi, namun setelah resign kegiatan tersebut menghilang drastis sehingga membuat saya menjadi canggung dalam berinteraksi dan kurang luwes, sebenarnya gak papa juga sih, toh cuma berkegiatan dirumah saja.

Tapi apa ya, seperti hilangnya aktualisasi diri sendiri. Jiaaah..wkwkwk

Kondisi ini membuat saya ingin melakukan sesuatu, suatu hal yang nantinya diharapkan dapat bermanfaat bagi diri saya sendiri dan orang lain.

Bagi saya pribadi yang baru mencoba mengenal kegiatan tulis menulis ini, memulai satu blog nanti ditujukan untuk meningkatkan kebermanfaatan diri yang dirasa kurang setelah saya memutuskan untuk resign dari pekerjaan saya dulu.

Berdasarkan beberapa pertimbangan, akhirnya bismillah saya mencoba ikut coaching di blogspedia ini sebagai langkah awal memulai kegiatan perblog-an ini. Kenapa saya tertarik mengikuti ini, dikarenakan materi-nya mengampu pemula seperti saya.

Semoga Allah tetap menjaga niat dan usaha ini. Seperti yang disampaikan dalam hadist innamal a’malu binniyat, sesungguhnya amal itu tergantung niatnya, saya berusaha menanamkan niat yang baik dalam memulai kegiatan blog ini, agar nantinya blog yang ada dapat bermanfaat, tetap hidup dan menjadi sarana belajar.

Logo Blog Siti Sartika

Materi pertama dalam program adalah penekanan terkait sebab musabab yang harus dimiliki saat hendak membuat atau memutuskan mau mengelola suatu blog. Karena hal ini akan menentukan arah dan keberlangsungan sebuah blog.

Strong why, Blogging!!

1. Menambah kebermanfaatan diri

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa faktor utama yang membuat saya mencoba untuk masuk ke dunia blogging adalah karena kebingungan mencari kegiatan yang bermanfaat dan sarana untuk menyalurkan banyak kata yang ingin disampaikan.
Dan harapan-nya tulisan, tersebut dapat bermanfaat untuk saya dan orang lain.

2. Wadah Jurnaling

Blog yang nanti akan saya kelola diharapkan menjadi wadah journaling kegiatan saya, baik yang bersifat kegiatan sehari-hari, kegiatan parenting, memasak serta kegiatan review terhadap hal. Saya merasa saya butuh tempat untuk menulis, untuk mencurahkan apa yang saya pikirkan, bagaimana penilaian saya terhadap suatu hal, karena hal itu membuat saya merasa lebih baik.

Jurnal yang dibuat dalam blog ini juga bisa menjadi dokumentasi kegiatan pribadi saya. Serta mampu menjadi catatan yang tersimpan rapih sehingga kelak saya akan dapat membukanya kembali.

Hal tersebut bisa menjadi reminder yang baik buat diri saya.

3. Merawat dan meningkatkan potensi diri

Dalam menghasilkan tulisan pun seorang blogger harus memberikan personal touch, bukan plagiasi dan menarik bagi pembaca. Oleh karena itu butuh sekali meningkatkan skill tulis menulis ini.

Namun bukan hanya skill menulis, seorang blogger yang baik juga harus berusaha untuk memberikan informasi yang baik dan benar, sehingga membutuhkan pengetahuan lebih terhadap apa yang ditulis-nya.

Hal ini menuntut saya untuk terus belajar, belajar dan belajar.

4. Sarana Healing

Pengalaman saya dibidang tulis menulis saya masih kurang, akan tetapi saya ingin belajar menata banyak kata agar bisa menghasilkan sebuah tulisan yang menyenangkan pembaca, bermanfaat secara isi serta membuat perasaan saya lega, ya karena menulis mungkin seperti healing bagi saya.

Ada perasaan menyenangkan saat menulis, ada rasa kepuasan tertentu, yang membuat saya lebih bahagia. Ini Penting, penting banget.. sebagai bentuk mencintai diri sendiri.hehehe

Oiya sempat dibahas pula mengenai bahwa kegiatan blogging ini bisa membawa materi juga, namun jujur saja saya baru tau bahwa kegiatan blogging bisa menghasilkan uang, pemahaman awam saya dulu, kalau blogging itu curhat, review, tips or trik, tapi ternyata bisa juga menghasilkan uang ya. Kemane ajee mamak ini..

Tips Mengelola Waktu Blogging

Salah satu kiat agar menjadi seorang blogger yang baik adalah dengan rajin melakukan update tulisan.

Kegiatan ini menuntut seorang blogger untuk membuat penjadwalan serta manajemen waktu dalam pembuatan update tulisan dalam blog yang dimiliki.

Manajemen waktu dibutuhkan hampir disegala aspek kehidupan kita, karena saat kita sudah mengatur penggunaan waktu maka dapat menghasilkan suatu pola keteraturan, minimal tidak ada jadwal yang berbenturan.

Dalam perjalanan menjadi seorang blogger yang baik saya harus berusaha untuk melakukan manajemen waktu, agar blog yang saya buat nanti akan tetap hidup. Hal-hal yang akan saya lakukan untuk memanajemen waktu ngeblogging.

Perencanaan Materi Tulisan

"Perencanaan adalah setengah jalan menuju kesuksesan"
Oleh karena itu saya berencana untuk melakukan proses penjadwalan materi yang akan saya tulis selama satu bulan kedepan, tentu dengan menetapkan target jumlah tulisan yang akan saya buat dalam satu bulan.

Adapun jumlah maksimal tulisan yang saya rencanakan adalah maksimal 8 tulisan dan minimal 4 tulisan dalam satu bulan, semoga bukan jumlah yang berada diluar kemampuan saya.

Perencanaan materi bulanan tersebut akan saya terjemahkan ke dalam rencana mingguan, seperti materi apa yang akan saya tulis dalam minggu pertama serta bahan-bahan pendukung yang harus disiapkan.

Penjadwalan Menulis

Saat kita berbicara manajemen waktu tentunya tidak akan pernah lepas dari yang namanya penjadwalan.
Dalam menulis membutuhkan waktu fokus kita, mungkin bagi ibu-ibu seperti saya jadi semacam waktu me-time saya, sehingga saya butuh menyesuaikan waktu dengan kegiatan lain.
Salah satu hal yang direminder oleh Mbak Marita yang saya ingat, yaitu jangan menunggu mood, karena mood itu dibangun bukan ditunggu, makjleb, benaar banget, karena terkadang kita mau menulis pasti beralasan ah, belom mood, makanya butuh waktu yang terjadwal sehingga kita bisa membangun mood tersebut.
Ada beberapa pola yang mungkin bisa saya terapkan nantinya, pola nya adalah dengan menggunakan waktu malam atau waktu dini hari. Penjadwalan menulis nantinya akan dilakukan setelah bahan pendukung sudah diperoleh, jadi ada kegiatan pra menulis sebelum memulai menulisnya.

Membuat deadline

Batas waktu ini dibuat agar nantinya saya dapat disiplin dengan jadwal yang saya buat serta target tulisan pun dapat tercapai. Pembuatan deadline ini sudah dilakukan saat perencanaan materi tulisan per bulan-nya.

Semoga dengan beberapa langkah yang saya rencanakan ini dapat mendukung terealisasikannya Strong Why, Blogging! saya. Kalau teman-teman pembaca bagaimana? Apakah ada tips dan trik lainnya? Komen ya di blogg ini.

Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

12 comments

  1. Wah, setuju nih sama quotesnya, "perencanaan adalah setengah jalan menuju kesuksesan".
    Tetap semangat berkarya, mbak Tika ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mbak, semoga bisa bermanfaat kedepannya.aamiin

      Delete
  2. Ya betul ngeblong juga bisa jadi healing

    ReplyDelete
  3. Sepakat banget aku nih Mba kalo blog sebaiknya dijadikan sebagai wadah journaling. Aktivitas atau pengalaman ini bakalan bermanfaat banget kalo di share ke yang lain. Mari kita lanjutkan Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, Semoga bermanfaat semua tulisan yang kita share ya

      Delete
  4. Salam kenal, Mbak Tika... MasyaAllah yaa, kita sesama newbie nih di dunia blogger. Yuuuk berjuang bareng-bareng

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ufie, mari semangaat berjuaang, insya Allah bs jadi pribadi yang lebih bermanfaat lewat ngeblog

      Delete
  5. MasyaAllah tikaa.. aku kok jadi pengen belajar audit sm dirimu hehe.. semangaatt buk.. ilmu yang udah didapat emg butuh disalurin lagi ya, salah satunya dengan ngeblog ini 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maasya Allah aku jd malu dikomen suhu, hehehe. aamiin yus semoga bs menjadi pribadi yg lebih bermanfaat lewat ngeblog.aamiin

      Delete
  6. Setuju mb...menulis sebagai bentuk cinta diri sendiri😍

    ReplyDelete

Post a Comment