sitisartikah.com
Featured Post

Resep Bolu Marbel Kukus

Hari ini anakku minta bolu lagi,, Yhaa begitulah masa MPASI, saat anak sedang semangat-semangatnya terhadap satu menu biasanya kita jadi semangat unt…

Cara Mudah Buat KIA Kabupaten Bekasi

Kali ini saya akan mencoba membagikan pengalaman saya membuat KIA (Kartu Identitas Anak) khususnya untuk yang terdata berdomisili sebagai warga Kabupaten Bekasi.
cara mudah buat kia kabupaten bekasi

Sedikit cerita ya, kami secara tinggal berada di Bogor namun secara administrasi kami terdata sebagai warga kabupaten Bekasi, yang merupakan rumah tinggal orang tua saya. Otomatis segala pengurusan KK (Kartu keluarga) atau Akte Kelahiran harus dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Dalam perjalanannya, ternyata dari update KK terbaru data anak kami tidak terdata dalam sistem dukcapil. Nah loh, bingung ga tuh, secara di KK fisik terbaru kami ada namanya.

Akhirnya jiwa verifikator saya muncul, mulailah proses pengecekan pribadi dan alhamdulillahnya prosesnya mudah loh, bisa dilakukan semuanya via online. Cuma modal ketik di handphone saja.

Cara Cek Data Kartu Keluarga Di Dukcapil

Pengecekan data NIK (nomor induk kependudukan) dan KK (kartu keluarga) dapat dilakukan melalui whatsapp dukcapil nasional. Pengecekan dilakukan secara online melalui wazap di nomor dukcapil 0811-8005-373. 
Adapun tampilan whatsappnya seperti dibawah ini :
tampilan whatsapp dukcapil

- Terdapat dua menu awal yaitu informasi dan pengaduan.
- Untuk pengecekan pilih pengaduan
- Akan tampil menu yang harus diisi oleh kita berdasarkan data yang ingin dicek.
- Jika data kita ada dan sesuai maka sistem akan menampilkan bahwa data sudah sesuai. Jika belum, maka akan diarahkan untuk melakukan perbaharuan data sesuai domisili terdata seperti pada gambar screenshoot chat dibawah ini.

SITEPAK Website Disdukcapil Kabupaten Bekasi

Jujur waktu awal cek data dan nama anakku tidak ada, yang muncul dipikiran ku adalah Yaa Allah jauh ya, males banget berurusan dengan birokrasi pemerintahan. Yha, yang kita tau, banyak tanda kutipnya ya, seperti kata-kata orang, yaa ampun mak, katanya terus ya.

Nyatanya! Perubahan itu adaaa. Serius, semua stigma yang awal bakal berbelit-belit terkikis cuy. Asli mudah dan simple banget ternyata. Kemana aja akuuh,,

Setelah pengecekan data, saya mencari informasi mengenai cara online update data untuk wilayah kabupaten Bekasi. Pemerintah kabupaten Bekasi sudah memiliki laman khusus terkait data kependudukan dan sistem pembuatan KK atau Akte atau KIA secara online. Yahud jugaa ya,

Laman khusus terkait kependudukan pemerintah kabupaten Bekasi adalah pada website : https://sitepak.bekasikab.go.id/sitepak/public/.

Tampilannya seperti dibawah ini.
tampilan website sitepak kab bekasi
- Sebelum menggunakan fitur-fiturnya, kita diminta untuk mendaftarkan diri atau membuat akun sesuai dengan NIK. Pilih klik daftar disini.

- Masukan informasi yang diminta, lalu lakukanlah aktivasi akun melalui link yang dikirimkan ke email personal.

- Setelah dapat login, maka akan muncul tampilan NIK, KK, Kecamatan, No Hp kita serta beberapa menu pilihan yang bisa digunakan.

- Kita bisa mengupload kartu keluarga yang terbaru, kemudian juga dapat melakukan beberapa pengajuan yaitu KTP EL, KK, KIA, Akta kelahiran dan surat keterangan pindah.
menu sitepak kab bekasi

Untuk case anak saya yang tidak terbaca datanya, saya melakukan dua hal. Pertama meng-upload KK (kartu keluarga terbaru) dan mengajukan pembuatan Kartu Identitas Anak. Proses pengajuan pembuatan KIA pun dilakukan melalui website tersebut. Tanpa saya harus pergi ke dukcapil kabupaten Bekasi, bagi saya lokasinya jauh sekali.

Kartu Identitas Anak

Sebelum mengulik tentang cara pembuatannya, akan diulas apa si KIA itu. Simplenya KIA itu seperti KTP buat kita yang dewasa. Tanda pengenal ini bisa digunakan oleh anak apabila hendak membuka rekening Tabungan, mendaftar di sekolah dan lainnya yang mensyaratkan adanya KIA.

Cara membuat KIA khusus wilayah kabupaten Bekasi

- Login ke dalam akun di website sitepak Bekasi (link diatas).
- Pilih mulai pengajuan, lalu memilih kembali pengajuan KIA (baru).
- Setelah itu, akan tampil data isian terkait anak serta dokumen dan foto anak yang harus diupload oleh kita.
isian pengajuan kia

- Isi semua data dengan baik dan benar sesuai dengan KK dan pastikan semua field terisi. Data ini akan ada pada kartu KIA anak nantinya.

- Pada bagian akhir ada opsi terkait pengiriman kartu, bisa dipilih sesuai yang diinginkan. Bagi kami yang paling penting si dapat dikirim, ke rumah via jasa pengiriman.

- Setelah mengisi dan memastikan semua betul, kita tinggal menunggu informasi selanjutnya dengan memantau status pengajuan di website tersebut.
menu pantau status pengajuan
- Pada menu pemantauan pengajuan, kita bisa melihat Riwayat pengajuan. Disitu akan terlihat sudah sampai Dimana proses pengajuan kita. Untuk lamanya durasi kami membuat KIA kemarin +- 7 hari termasuk sampai dengan pengiriman.

Review Pelayanan

Karena ini berupa sistem, maka saya menilai dari kemudahan penggunaan sistem tersebut. Secara pribadi overall semua proses pembuatan KIA dan pengecekan KK yang kami lakukan terbilang bagus ya. Memudahkan kami serta bisa dilakukan dengan sederhana via online.

Namun ada beberapa catatan, tentang lamanya proses sampai pengiriman. Saranya diharapkan yang membutuhkan KIA dapat mengajukan permohonan lebih awal, sehingga pada waktunya dibutuhkan KIA sudah dapat ada.

Selain itu, proses pengiriman KIA yang tertulis masih terbatas pada Alamat yang ada di KTP dan pada kondisi kemarin, KIA anak kami malah dikirim terlebih dahulu ke kelurahan. Jadi orang kelurahan yang mengantarkan KIA ke rumah.

Saya yakin pasti dalam proses transformasi sistem memerlukan adaptasi, ini sudah merupakan hal yang baik, sistem yang benar mempermudah Masyarakat.

Semoga selalu berproses menjadi lebih baik lagi pemerintah kabupaten Bekasi.
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment