sitisartikah.com

Manfaat SEO On Page Bagi Blogger

Bismillah..
Hai booster reader

Kali ini saya akan mencoba mengulas tentang pengertian, jenis dan manfaat SEO On Page untuk suatu Blog. Seperti yang pernah diuraikan dalam strong why blogging saya, bahwa tujuan utama saya dalam membuat blog adalah untuk meningkatkan kebermanfaatan diri melalui tulisan.

Dalam rangka mewujudkan tulisan yang bermanfaat, maka diperlukan pembaca yang mengetahui dan mendapatkan jawaban atas pertanyaannya dalam tulisan kita.
SEO On Page Bagi Blogger

Analoginya seperti gorengan yang tersedia dipiring, namun disimpan ditempat yang tak diketahui, maka kebermanfaatannya tidak akan berasa karena tak bisa dilahap. Begitu pun dengan tulisan kita, tidak akan menjadi bermanfaat apabila tidak ada pembaca yang membacanya.

Oleh karena itu pengetahuan akan SEO On Page merupakan suatu hal yang fundamental bagi blogger. Karena dengan SEO On Page, blog yang kita miliki dapat lebih dikenal oleh google sehingga memudahkan pembaca untuk menemukan tulisan kita, serta kehadiran blog dapat menjawab kebutuhan atau pertanyaan dari pembaca.

Pengertian SEO

SEO adalah Search Engine Optimization dimana SEO ini merupakan cara yang digunakan untuk mendapatkan traffic pembaca jangka Panjang, namun membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Intinya SEO ini merupakan cara kita melakukan optimasi agar tulisan kita dapat masuk dalam pencarian teratas dalam google. Semakin masuk dalam urutan teratas google maka akan semakin bagus traffic pembaca ke blog kita, dalam arti kata pembaca blog kita akan banyak.

Jenis dan Teknik SEO

Pada dasarnya ada dua jenis SEO yaitu :
  • SEO On Page : Merupakan inner beauty suatu blog yang terdiri dari Elemen-elemen yang berhubungan langsung dengan website kita, meliputi kualitas konten, struktur konten, kecepatan halaman serta internal link.
  • SEO Off Page : Pencitraan atau cara pengelolaan blog diluar elemen yang ada dalam blog kita, seperti link building dan authority blog. Adapun link building ini dilakukan dengan membagikan link bacaan ke akun media sosial yang dimiliki sang blogger.
Terdapat 3 teknik SEO yaitu :
  • Teknik White : Cara yang murni, tanpa tipuan kode algoritma. Cara ini membutuhkan waktu yang panjang.
  • Teknik Black : Cara cepat untuk menduduki posisi page one dengan menghalalkan segala cara, sehingga menggunakan cara haram atau tools tertentu agar tulisan kita masuk dalam urutan teratas pencarian. Cara ini sangat berbahaya, selain tidak baik dilakukan, apabila pihak google mengetahuinya makan tulisan ataupun blog kita dapat hilang.
  • Teknik Grey : Teknik yang menggabungkan keduanya.

Manfaat SEO On Page untuk Blogger

Adapun manfaat penerapan SEO On Page untuk blogger adalah sebagai berikut :

1. Optimasi posisi Blog dalam pencarian

Penerapan SEO On Page dalam setiap tulisan kita dapat membantu blog kita masuk dalam posisi teratas dalam mesin pencarian sehingga memudahkan pembaca untuk menemukan blog kita.

2. Meningkatkan traffic blog

Saat suatu tulisan masuk dalam posisi atas mesin pencarian maka akan semakin banyak pembaca yang mungkin akan melakukan kunjungan ke dalam blog yang kita miliki. Hal ini akan meningkatkan traffic kunjungan dalam blog tersebut.

3. Agar dikenal dan disayang google

Penerapan SEO On Page ini merupakan cara bagaimana agar keberadaan blog kita diketahui oleh mesin pencarian dalam hal ini google. Berdasarkan materi yang ada bahwa kita harus mengenal alg

Dengan penerapan SEO ini kita dapat menyesuaikan dengan keyword umum yang biasa digunakan dalam google. Dengan demikian jika ada pembaca yang membutuhkan suatu informasi, maka google akan mencarikan jawabannya melalui blog kita.
Manfaat SEO On Page Bagi Blogger


Mengenal Google Algoritma

Untuk dapat dikenal oleh google dibutuhkan pengetahuan mengenai algoritma google yaitu Expertise (ditulis oleh ahlinya seperti blog Kesehatan yang dibangun oleh dokter), Authoritativeness (pesona diri atau pemilik blog) dan Trusthworthiness (melalui aktifkan HTTPS).

Dengan memperhatikan algoritma tersebut kita dapat melakukan hal-hal dibawah ini agar blog kita dapat dikenal dan disayang oleh google.
  • Mencari tau apa yang diinginkan google : Biasanya dilakukan dengan riset keyword.
  • Membuat konten yang bagus
  • Memilih judul yang tepat dan sesuai

Komponen SEO On Page

Terdapat 13+ komponen SEO On Page yaitu :
  1. Judul : Meletakan keyword yang digunakan sebagai judul sehingga memudahkan google menemukan tulisan kita. Dengan maksimal 55 karakter.
  2. Permalink : Memasukan keyword pada permalink dengan maksimal 75 karakter.
  3. Deskripsi : Memasukan keyword pada meta deskripsi dengan maksimal 150 karakter.
  4. Paragraf pertama : menyisipkan keyword pada paragraph pertama tulisan kita.
  5. Stop cara judul penulisan keyword : tidak menggunakan penebalan atau tulisan miring pada judul
  6. Paragraf akhir : menyisipkan Kembali keyword pada paragraph terakhir.
  7. Jumlah kata : terdapat variasi jumlah maksimal kata, namun jumlah kata terbaik adalah sekitar 800 kata
  8. Optimalkan paragraf : membuat paragraph yang tidak terlalu panjang dengan membuat 2-3 kalimat dalam 1 paragraph. Sehingga membuat tulisan lebih nyaman dibaca.
  9. Heading : mengoptimasi penempatan judul dalam artikel, dengan memasukan minimal satu keyword dalam heading.
  10. Optimasi pada gambar : memperhatikan penamaan gambar, judul gambar serta ukuran gambar yang digunakan.
  11. Link pada artikel : membangun link dengan menyematkan internal link dan external link dalam tulisan
  12. Gunakan LSI keyword : memasukan kata kunci turunan yang berhubungan dengan keyword yang digunakan
  13. Share di media sosial : melakukan kegiatan personal branding tulisan yang telah dibuat
  14. Lakukan inspect url : melakukan pengecekan terhadap url yang sudah dibuat.
Penerapan kaidah SEO On Page merupakan upaya kita dalam mengoptimalisasi tulisan kita sesuai dengan algoritma google. Dengan demikian manfaat SEO On Page dapat dirasakan.
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

1 comment

  1. terima kasih sharingnya mbak, bermanfaat sekali hal ini

    ReplyDelete

Post a Comment