sitisartikah.com

Sebuah Catatan : Berdamai dengan Inner Child

Assalamu'alaikum, Haloo readers😄

Bersyukur sekali bs ikut kegiatan webinar ini, menambah pengetahuan pentingnya inner child yg sehat dalam pembentukan karakter seseorang.

~ Semoga bs menjadi catatan pribadi dan ilmu yg baik bagi kita semua.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Inner child



Merupakan suatu konsep yg menggambarkan sifat kekanak-kanakan dalam diri seseorang. Dimana karakter anak2 seperti : egosentris, tantrum, manja, penakut dan sulit berpikir logis.Kondisi inner child seseorang apabila terluka dapat mengganggu pada masa dewasanya, karena kebutuhan masa kecilnya belum terpenuhi.

Terdapat 3 kebutuhan dasar tumbuh kembang anak yaitu asuh, asih dan asah. Kebutuhan asuh erat kaitannya dgn pemenuhan kebutuhan fisik-medis. Kebutuhan asih erat kaitannya dgn emosional serta kebutuhan asah erat kaitannya dengan kebutuhan stimulasi.
Yg paling berkaitan dgn inner child ialah kebutuhan asih.

Pemenuhan kebutuhan asih (kebutuhan emosional) yang baik dapat menciptakan anak yang memiliki self control yg baik saat dewasa.
Kebutuhan asih ini meliputi :
- Rasa aman, nyaman dan dilindungi
- Dihargai ekspresi emosinya
- Tidak memaksakan kehendak
- Di motivasi dan dibantu
- Dihargai pencapaiannya
- Di didik dgn kasih sayang

Apabila segala aspek kebutuhan asih anak terpenuhi dgn baik, dapat menghasilkan inner child yg sehat, sehingga inner child ini tidak akan mempengaruhi masa dewasa seseorang.

Lalu bagaimana jika inner child terlukaa?

Tahap-tahap berdamai dengan Innerchild yg terlukaa..


.Terdapat 3 tahap dalam proses penyembuhan inner child : Pahami, Maafkan dan Perbaiki.
.
1. Pahami
Disini pentingnya kita memahami konsep takdir Allah, bahwa segala sesuatu terjadi merupakan kehendak Allah. Yg bisa kita lakukan adalah memperbaiki diri dan fokus terhadap hal2 didepan kita. Selain itu, kita jg harus pahami faktor ketidaksengajaan, sehingga kita mampu menerima & mengambil hikmah.
.
2. Maafkan
Bagaimana cara memaafkan adalah dgn berbelas kasih thdp diri sendiri (self compassion). Cara berbelas kasih thdp diri sendiri adalah berbuat baik kepada diri saat mengalami hal yg tdk menyenangkan, its okay, I love you, my self, bs sambil butterfly hug ala2 koo moonyoung😁. Selanjutnya adalah dengan sadar bahwa apapun yang dialami adalah bagian kehidupan (common humanity), its mean itsnot just you. And the last way to forgive is Mindfulness yaitu fokus pada peran saat ini.
.
3. Perbaiki
Dalam memperbaiki diri membutuhkan apresiasi agar ada input positif dalam diri, jadi biasakan apresiasi diri untuk hal sekecil apapun dan jgn lupa tetap libatkan Allah dalam setiap apresiasi. Selanjutnya membuat jurnal perilaku positif dan negatif dgn rumus 3W1H (what, why, when, how). Dan terakhir koenci semua perbaikan adalah istiqomah/konsisten.
.
Sekian resumenyaa.. untuk proses perbaikan bisa banget menerapkan isi buku Atomic Habits, mulai dr hal2 kecil yg tdk menyulitkan diri serta membuat sistem.
.
Semoga tulisan bermanfaat bagi semua💗
Love and Warm Hug
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment