sitisartikah.com

Pengalaman Berwisata di Pulau Tidung (Bagian 2)

Yaaap..Melanjutkan cerita perjalanan pertama kami berwisata ke Pulau Tidung. Alhamdulillah setelah perjalanan dari bogor menuju pulau tidung, kami bisa beristirahat sebentar sebelum masuk agenda wisata kami.
pulau tidung
Pulau Tidung (Dokumentasi Pribadi)

Tepat pukul satu siang kami berangkat dermaga kapal kotok untuk naik kapal menuju pulau payung untuk snorkling. Oiya kami menyewa sepeda listrik untuk transportasi saya dengan anak. Hal ini dikarenakan sepeda yang tersedia ukuran besar, anak saya belum sampai.

Menyewa sepeda listrik lumayan mahal, harganya Rp. 170rb, lebih mahal dibandingkan motor. Waktu itu memutuskan menyewa sepeda listrik karena motor yang tersedia matic dan saya tidak bisa menggunakan motor matic.

SNORKLING PULAU PAYUNG

Jujur ini pengalaman pertama kami bawa anak untuk snorkling. Kami menaiki kapal klotok, menuju pulau payung kecil sekitar 30 menit.

Selama perjalanan anak kami masih merasa tegang. Dari pihak pemandu sudah menyiapkan peralatan snorkling berupa kacamata dan pelampung. Untuk pelampung memang sudah digunakan semenjak naik ke atas kapal.

Perjalanan diatas kapal sangat menenangkan, sejauh mata memandang hanya ada laut, pemandangan yang bersih dan tenang. Maasyaa Allah. Sudah lama sekali tidak merasakannya.

Sesampainya dipulau payung kecil, kami sudah Bersiap menggunakan peralatan snorkling. Begitu kapal ditambat, kami mulai melakukan snorkling.

Kami snorkling di bagian pesisir pulau, dengan kedalam air kira-kira 3 meter lebih. Terdapat batu karang ditengah dan terumbu serta ikan-ikan kecil yang dihidup disekitar perairan tersebut. Di pulau payung kecil juga terdapat tempat budidaya rumput laut.
snorkling pulau payung kecil

Selama snorkling menyenangkan, Cuma untuk anak kami masih kurang bisa menggunakan alat snorkel yang disediakan oleh pihak travel. Menurut saya pribadi, ada baiknya untuk anak disediakan secara mandiri sehingga anak lebih menikmati bersnorkling dilaut.

Oiyaa selama snorkling kami juga ditemani oleh wisatawan lain yang mengunjungi pulau payung.

Kunjungan Pulau Tidung Kecil

Dalam itinerary terdapat kunjungan ke pulau tidung kecil. Sebenarnya dari pulau tidung ke pulau tidung kecil terdapat jembatan penghubung, namun waktu itu kami mengunjungi pulau tidung kecil saat sehabis snorkling sehingga menggunakan kapal.
pulau tidung kecil

Di pulau tidung kecil terdapat lokasi untuk camping, budidaya ikan, penyu dan hewan laut lainnya, serta terdapat tempat penyimpanan tulang ikan spermwhale yang pernah terdamapar.

Saat mengunjungi tempat penyimpanan atau mini museum tulang ikan spermwhale, kita dapat melihat betapa besar rangka hewan tersebut dan bagian-bagian anggota tubuh ikan paus tersebut.

Banana Boat Pulau Tidung

Selain snorkling yang masuk dalam paket kegiatan adalah main wahana banana boat. So far, anakku suka sekali main banana boat, walau memang request untuk tidak diceburin.hehehe. Alhamdulillah sampai minta lagi, saking menikmati bermain wahana banana boat.

Untuk informasi jika ingin menambah naik banana boat lagi, dikenakan biaya 35rb per orang sudah disediakan life jacketnya dan bisa request dijatuhkan atau tidak.

Bersepeda ke Pantai Cemara Kasih (Melihat Sunset)

Agenda melihat sunset kali ini dilakukan dengan bersepeda menuju Pantai Cemara kasih yang berada di tanjung barat pulau tidung besar. Membutuhkan waktu sekitar 20 menit bersepeda santai. Jalannya pun masih termasuk baik, namun ada beberapa daerah yang sudah beralas pasir sehingga harus hati-hati apabila ada tumpukan pasir yang dapat membuat sepeda oleng.
pantai cemara kasih

Selama perjalanan disepeda kita dapat menikmati dengan sepenuhnya pulau tidung besar, kita bisa melihat lebih dekat fasilitas apa saja yang ada dipulau tidung seperti puskesmas, Pelabuhan, sekolah-sekolah, masjid dan rumah-rumah warga sekitar.

Kita juga disuguhkan pemandangan alam khas laut yaitu pepohonan kelapa dipinggir Pantai, sangat menyenangkan dan menenangkan.

Sesampainya di Pantai cemara kasih, kita memarkirkan sepeda dan menunggu saat sunset terjadi.

Setelah itu pun kita kembali ke penginapan, sambil menunggu waktu makan malam dan barbeque.

Barbeque

Honestly, karena Cuma ber-3 agak krik-krik krik yak. Untungnya pemandu kami, menyediakan semua barbequenya. Sehingga kami tinggal lep aja. Alhamdulillah, makasih pak ghalang.hehehe.

Barbeque yang diberikan dari paket berupa 3 ekor ikan laut dan cumi yang dibakar didepan penginapan. Kami menikmati barbeque tersebut disaung,hmm sungguh nikmat. Oiyaa sudah disediakan sambalnya yaa, jadi makin mantapp.

Sunrise Jembatan Cinta

Sungguh kami tidak bersepeda saat sunrise ke jembatan cinta. Mungkin karena masih ingin leyeh-leyeh dipenginapan, kami baru keluar sekitar jam 8an.
jembatan cinta pulau tidung

Bukan sunrise si, jalan-jalan aja berarti. Yang penting sudah merasakan ke jembatan cinta. Saat pagi kami pergi ke dekat jembatan ada taman yang difasilitasi alat-alat fitness dan tempat bermain anak.

Sambil menikmati angin sepai sepoi serta jajan setitik telur gulung pulau tidung. Alhamdulillah harganya sama yaa dengan dibogor, masih 1rb rupiah.hehe.

Berburu Oleh-oleh

Jujur, beli oleh-oleh dipulau tidung tuh terbilang murah meriah ya, sebagai tempat wisata mereka tidak mematok harga yang mahal.

Untuk sekitar kerupuk ikan laut saja harganya 12rb, manisan ceremai 15rb (macam yang dijual mail), rumput laut 15rb, keripik sukun 15rb dan sambal tongkol 20rb. Murceu kan yaa.

Untuk yang suka kaos-kaos yang ada tulisan pulau tidung pun juga tersedia harganya berkisar 35rb – 65 rb, tergantung bahan dan ukuran bajunya.

Penutup

Secara overall kami puas melakukan pengalaman pertama snorkling untuk anak kami di pulau tidung kepulauan seribu. Namun next trip akan lebih banyak persiapan dari peralatan untuk anak.

Untuk kesan di pulau tidung sangat baik ya, warga pulau tidung sangat siap dalam menerima wisatawan dan fasilitas yang disediakanpun sudah lengkap dan baik. Insya Allah ingin datang ulang saat ada kesempatan berikutnya.
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment