sitisartikah.com

IMERSIFA – Inovasi Museum Nasional Indonesia

Maasyaa Allah Selamat Idul Fitri 1 syawal 1444H yaa,
Bagaimana Rendang Opor Ketupat aman kah? Hehehe. Sudah berapa kali naik proses penghangatan. Semoga segala ibadah kita diterima dan dosa kita diampuni Allah swt.

Lebaran, erat kaitannya dengan liburaaan, horeee..
Yaap.. bagi yang punya kampung halaman-luar kota jakarta, mudik jadi sarana berlibur yaw,,

Laluu, bagaimana dengan wakamsi - warga kampung sini- plus budget pas-pasan, (pas mau apa ada, aamiin)..
Tenang dong.. masih banyak objek wisata local yang bisa dinikmati.

Bagi warga Jakarta ke Monas, Kota Tua, PIK atau mengunjungi museum-museum bisa jadi alternatif tempat berlibur. Salah satu tempat yang biasa kami kunjungi dulu adalah museum nasional Indonesia.

Museum Nasional Indonesia atau sering juga disebut Museum Gajah merupakan salah satu museum bersejarah dari zaman belanda.
museum nasional indonesia

Museum ini disebut museum gajah, karena terdapat patung gajah di muka depan Gedung. Patung tersebut merupakan hadiah dari kerajaan Thailand yang pernah berkunjung ke museum ini.

Museum gajah berada dibawah naungan kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Dengan mengacu visi yaitu “Terwujudnya Museum Nasional sebagai pusat informasi budaya dan pariwisata yang mampu mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan peradaban dan kebanggaan terhadap kebudayaan national, serta memperkokoh persatuan dan persahabatan antar bangsa”.

Luar biasa ya visinya,

Lokasi Museum Nasional Indonesia

Bagi yang belum pernah ke Museum ini :
Alamat Museum berada di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia. Telepon: +62 21 3868172.

Akses dari dan menuju museum terbilang gampang ya, karena ini merupakan pusat kota. Akses kendaraan pun mudah.

Untuk akses menuju museum nasional indonesia dari Bogor, bisa dengan menggunakan KRL bogor-jakarta kota dan turun di stasiun juanda.

Dari stasiun juanda bisa menggunakan transjakarta atau dengan menaiki bis tingkat wisata yang berada di sebrang halte transjakarta st.juanda atau depan pintu masuk masjid istiqlal. 

Alternatif lain adalah langsung dengan menggunakan transportasi online seperti taxi, gojek atau grab.

Bagi yang ingin menghemat memilih bis tingkat wisata transjakarta menjadi alternatif yang oke, karena nol biaya ya, alias Freee. Kita cuma butuh membawa kartu seperti emoney, flash, brizz, kjp (kecuali kartu krl) untuk tap masuk dan keluar bis.

Jam Operasional Museum Nasional

Museum buka dari hari Senin-Minggu, jam 08.00-16.00 WIB dan Tutup pada hari raya keagamaan. Untuk memantau update-annya bisa di follow IG Museum Nasional Indonesia.

Ada Apa sih di Museum Nasional Indonesia

1. Ruang Pameran barang-barang sejarah
Sama seperti museum pada umumnya, di Museum Nasional Indonesia ini kita bisa melihat benda bersejarah peninggalan kebudayaan Indonesia.

Disana kita dapat melihat patung-patung, barang-barang pra sejarah yang dikelompokan dalam ruang-ruang. Koleksi tersebut meliputi arkeolog, geografi, keramik, etnografi, pra sejarah dan sejarah.
suasana museum nasional indonesia


2. Ruang Pameran Temporer
Salah satu event yang sering dilakukan adalah dengan mengadakan ruang pameran temporer dalam jangka waktu tertentu dan dengan tema tertentu. Seperti contoh event yang baru digelar pada awal tahun ini yaitu The Truth Inside You: Alunan Kisah tentang Perempuan yang berlangsung pada periode 15 Desember 2022 s-d 15 Januari 2023.

3. Pertunjukan Tematik
Inovasi baru dari Museum Nasional Indonesia adalah pertunjukan tematik yang tergabung dengan nama Imersifa – Ruang Imaji. Pertunjukan yang menggunakan teknologi imersif sehingga memungkinkan kita menikmati pertunjukan dari setiap arah pandang.

Lalu apa yang buat imersifa ini menarik ya,

IMERSIFA

Berdasarkan portal Kemendikbud, ImersifA merupakan ruang yang dilengkapi instalasi permanen video mapping dengan ukuran 12 m x 21 m. Pada setiap sesi pertunjukan, sajian video mapping berdurasi 30 menit yang diproyeksi dengan sudut 360°, termasuk lantai.

Pengunjung yang menyaksikan akan merasakan sensasi seolah-olah ada di dalam video. Dinding yang mengelilingi dan lantai yang dipijak menjadi layar yang memutar pertunjukan.

Konten ImersifA menampilkan sejarah Indonesia dalam konsep alam, masyarakat, sejarah dan budaya dari masa ke masa. Hal ini cocok sekali sebagai bahan edukasi sejarah anak yang menarik.

Video yang ditampilkan dilengkapi dengan audio yang mendukung sehingga menambah keseruan dan edukatif.

Pada tiap akhir sesi disediakan beberapa menit waktu untuk melakukan swafoto dengan latar video yang kece dan instagramable (ceileeh anak ig).

Harapannya inovasi ruang imersifa ini menjadi salah satu trigger orang untuk berkunjung ulang ke museum tentunya dengan variasi cerita yang berbeda-beda.

Harga Tiket

Untuk tiket masuk museum dan pertunjukan ruang imersifa adalah sebagai berikut :
harga tiket museum dan imersifa

Pembelian tiket dapat dilakukan melalui tiket.com atau Traveloka pada h-1 kunjungan, atau bisa dengan langsung on the spot. Untuk tiket imersifa, lebih nyaman-nya dibeli h-1 kunjungan karena kita masih bisa memilih sesi waktu yang kita inginkan.

Pengalaman waktu kami berkunjung membeli tiket imersifa, mengikuti jadwal sesi yang tersedia, yaitu sesi 7 (14.20-14.50) padahal masih terbilang pagi kami datang.

Gimana menarik bukan imersifa, tiket aja sampai siapa cepat dia dapat loh.

Penutup

Bagi saya pribadi berkunjung ke museum itu merupakan sarana liburan yang menyenangkan, karena bisa napak tilas masa-masa lampau. Selain ramah dikantong, banyak pelajaran yang kita bisa ambil.

Museum Nasional Indonesia telah melakukan inovasi agar meningkatkan antusiasme pengunjung untuk kembali lagi ke museum ini.

Semoga imersifa terus menghadirkan konten cerita yang menarik dan teknologinya makin baik lagi.

Yuk ke Museum Nasional Indonesia
Yuk belajar sejarah dengan menyenangkan
Ayoo maknai liburan dengan edukasi sejarah.
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment