sitisartikah.com

Review Buku Panduan Tumbuh Kembang Dan Stimulasi Anak Usia 0-5 Tahun

Mari Bermain! Karena Bermain adalah keinginan, kebutuhan dan hak anak-anak
-Rumah Dandelion-
Seorang anak yang dititipkan oleh Allah swt kepada kedua orang tuanya memiliki hak untuk mendapatkan 4A yaitu Aqidah, Asih, Asuh dan Asah. Sehingga menjadi orang tua itu tidaklah mudah, untuk itu membutuhkan banyak persiapan, tidak hanya materi namun juga kesiapan ilmu. Dimana ilmu parenting di masa sekarang sudah sangat mudah ditemukan, bisa melalui buku parenting atau video edukasi via medsos.

Tumbuh kembang masuk dalam kebutuhan asah anak. Anak berhak mendapatkan stimulus yang mendukung perkembangannya. Agar capaian perkembangannya dapat sesuai dengan umur anak. Stimulus tersebut dapat dilakukan melalui berbagai macam kegiatan bermain sambil membersamai dengan orang tua, sehingga memperkuat bonding antara orang tua dan anak.

Perjalanan kami sebagai orang tua-pun tidak lepas dari buku dan mengikuti berbagai kelas. Terdapat beberapa buk
u acuan yang kami gunakan selama memantau tumbuh kembang si kecil. Salah satu buku andalan kami adalah Buku Panduan Tumbuh Kembang dan Stimulasi Anak usia 0-5 tahun yang diterbitkan oleh lembaga rumah dandelion.
Cover Buku Panduan Tumbang dan Stimulasi Anak Usia 0-5 tahun
Cover Buku Panduan Tumbang dan Stimulasi Anak Usia 0-5 tahun
(Dokumentasi Pribadi)

Memiliki dan belajar melalui buku panduan ini, membuat saya pribadi sebagai ibu merasa lebih percaya diri dengan kegiatan yang akan saya lakukan bersama dengan anak.

Buku Panduan Tumbuh Kembang dan Stimulasi Anak Usia 0-5 tahun

Buku ini merupakan buku yang dikeluarkan oleh Rumah Dandelion. Rumah Dandelion adalah suatu lembaga yang fokus pada perkembangan dan Pendidikan anak usia dini. Ada tiga macam kegiatan di rumah dandelion yaitu kumpul-kumpul bersama rumah dandelion, bincang-bincang bersama rumah dandelion dan kelas bayi bermain.

Secara garis besar berikut ringkasan secara umum buku ini.
Judul Buku : Panduan Tumbuh Kembang dan Stimulasi Anak Usia 0-5 Tahun
Penulis :
    - Agstried E. Piethers, M.Psi, Psi
    - Binky Paramitha Iskandar, M.Psi, Psi.
    - Carmelia Riyadhni, S.Psi
    - Nadya Pramesrani, M.Psi, Psi
    - Orissa Anggita Rinjani, M. Psi, Psi
Editor : Orissa Anggita Rinjani dan Binky Iskandar Paramitha
Penerbit dan Redaksi : Rumah Dandelion
Cetakan Pertama : Tahun 2015
Harga Buku : +/- Rp. 80.000,-

Hadirnya buku ini sebagai jawaban terhadap pertanyaan orang tua mengenai kesesuaian perkembangan anak-nya dengan usia serta stimulasi yang dapat diberikan untuk lebih bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak tersebut.

Pada buku ini, diuraikan mengenai indikator perilaku perkembangan berdasarkan lima aspek perkembangan yaitu aspek motorik kasar, motorik halus, sosial kemandirian, bahasa dan kognitif. Dimana kelima aspek tersebut disesuaikan dengan usia anak. Indikator ini sajikan dalam bentuk checklist perkembangan.

Pada setiap indikator perkembangan dilengkapi dengan kegiatan stimulasi yang sesuai untuk mendukung indikator perkembangan tersebut. Sehingga orang tua dapat menggunakannya sebagai acuan dalam berkegiatan bermain bersama anak dirumah.

Keunggulan Buku Panduan Tumbuh Kembang Dan Stimulasi Usia 0-5 Tahun

1. Penjelasan detail, singkat dan jelas
Menurut saya pribadi buku ini sangat padat dan singkat serta jelas ya. Karena dibuat per point jadi kita mudah dalam mengurai indikator yang ada dan stimulusnya.
Indikator dan Aspek Tumbuh Kembang
Indikator dan Aspek Tumbuh Kembang
(Dokumentasi Pribadi)

2. Penyesuaian usia dengan lima aspek perkembangan
Usia yang disajikan dalam buku ini untuk dibawah 1 tahun terbilang detail, dibagi dalam kategori usia per 3 bulan yaitu 0-3 bulan, 3-6 bulan, 6-9 bulan, 9-12 bulan. Untuk usia 1 tahu sampai 2 tahun dibagi per 6 bulan usia. Serta untuk usia selanjutnya dibagi pertahun.
Untuk aspek perkembangan dibagi menjadi 5 aspek sesuai dengan gambaran umum buku.

3. Dilengkapi dengan informasi stimulasi sesuai umur
Pada setiap indikator dilengkapi dengan stimulasi yang sesuai dengan umurnya. Jadi orang tua tidak perlu mencari lagi kegiatan yang harus dilakukan dalam memenuhi indikator tersebut.
Aspek Perkembangan dan Stimulasi
Aspek Perkembangan dan Stimulasi
(Dokumentasi Pribadi)

4. Terdapat penjelasan deteksi keterlambatan perkembangan
Keunikan individu memungkinkan adanya perbedaan perkembangan yaitu ada yang cepat atau lambat. Namun orang tua tetap butuh waspada akan keterlambatan yang mengarah pada keterlambatan perkembangan.
Bagian Warning Keterlambatan Perkembangan
Bagian Warning Keterlambatan Perkembangan
(Dokumentasi Pribadi)

Dengan pertimbangan tersebut dalam buku ini pun diuraikan mengenai tanda-tanda peringatan keterlambatan perkembangan anak.
Dengan adanya point-point tersebut kita menjadi lebih aware terhadap tanda tersebut.
Contoh Deteksi Keterlambatan Perkembangan
Contoh Deteksi Keterlambatan Perkembangan
(Dokumentasi Pribadi)

5. Terdapat tanya jawab mengenai seputar isu perkembangan anak
Buku ini dilengkapi dengan tanya jawab terkait isu umum seputar perkembangan anak. Seperti susah makan, anak suka memukul dan lain-lainnya.
Bagian Tanya Jawab Isu Umum
Bagian Tanya Jawab Isu Umum 
(Dokumentasi Pribadi)

Penutup

Bagi saya pribadi buku panduan tersebut sangat membantu saya memantau perkembangan anak kami. Selain itu, buku ini memberikan informasi kepada saya mengenai kegiatan yang dapat saya lakukan bersama dengan anak agar bisa memenuhi haknya bermain dan juga memberikan stimulasi yang tepat sesuai usianya.

Untuk lebih melengkapi berbagai macam kegiatan membersamai dengan anak, saya juga membeli buku keajaiban tujuh Indera yang diterbitkan juga oleh rumah dandelion.

Mari Optimalkan tumbuh kembang anak-anak kita dengan memberikan stimulasi yang sesuai usia, kebutuhan dan minat mereka
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment