sitisartikah.com

Wisata Keluarga ke Pulau Tidung 2 Hari 1 Malam Bagian 1

Post a Comment
Kepulauan seribu merupakan tempat wisata laut atau pulau yang tidak asing bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Selain dekat, kepulauan seribu juga menawarkan banyak keindahan laut dan biota laut.

Banyak pulau-pulau yang menjadi tujuan utama wisata di kepulauan seribu yaitu pulau pari, pulau pramuka, pulau tidung, pulau macan, pulau kelapa, pulau harapan dan masih banyak lagi. Beberapa paket perjalanan pun ditawarkan oleh pihak pengelola pariwisata dimasing-masing pulau.

Harga paket per pulau pun berbeda-beda ya, disesuaikan pula dengan fasilitas yang diperoleh, kelengkapan pulau dan jarak pulau dengan dermaga.

Finally, kami memutuskan untuk memilih Pulau Tidung sebagai tempat eksplorasi laut pertama untuk anak kami. Sepuluh tahun yang lalu pernah saya main ke kepulauan seribu, namun bukan ke Pulau Tidung tapi ke pulau harapan. Ternyata sudah lama sekali yaa.
Pulau Tidung
Pulau Tidung - Sumber : Traveloka

Why Pulau Tidung

Pulau tidung merupakan salah satu kelurahan yang ada di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Terbagi atas 2 pulau, pulau tidung besar dan pulau tidung kecil. Pulau ini didesain memang menjadi tujuan wisata bahari seperti menyelam atau penelitian terumbu karang.

Jarak tempuh dari dermaga marina ancol sekitar 1 jam dan 3 jam dari kali adem.

Dasar pemilihan pulau tidung adalah sarana transportasi dan fasilitas dipulau ini yang terbilang lengkap dan maju. Serta menawarkan harga yang bersahabat pula. Saat kami kesana pun, warga memang sudah siap menerima wisatawan dan mereka sudah memiliki standar harga yang tidak akan membuat kita ribet tawar menawar.

Berdasarkan hasil ngobrol-ngobrol pun, fasilitas kesehatan seperti puskesmasnya pun bagus, sekolah dipulau ini pun lengkap, hanya jenjang universitas yang tidak ada. Insya Allah secara kesejaterahaan utama tercukupi dengan baik. Jadi membuat pulau ini sebagai pulau aman dan welcome dengan wisatawan.

Oiyaa satu lagi, dari segi keberadaan hewan liar, Alhamdulillah waktu kami kesana tidak bertemu dengan Binatang yang membahayakan seperti babi hutan atau monyet liar. Mungkin dikarenakan penduduknya yang sudah padat dan menjaga kawasannya agar aman untuk para wisatawan.

Itinerary Perjalanan 2 Hari 1 Malam Pulau Tidung

Kita memilih paket 2 hari 1 malam karena yaa karena libur cuma sabtu minggu. Ada model paket pemberangkatan dari kali adem dan marina ancol. Untuk pemberangkatan dari kali adem harga paket untuk 3 orang sekitar 400an per orang. Untuk pemberangkatan dari marina lebih mahal untuk 3 orang sekitar 800an per orang.

Kita memilih pemberangkatan dari marina, karena estimasi waktu yang lebih singkat diperjalanannya, sehingga lebih banyak waktu eksplorasi pulau tidungnya.

Untuk itinerary lengkapnya adalah sebagai berikut :

SUSUNAN KEGIATAN 2 HARI 1 MALAM PAKET KOMPLIT VIA MARINA ANCOL :

Hari ke 1 :
07.00: Kumpul Di Marina Ancol Dermaga 17.
08.00: Menuju Pulau Tidung.
10.00: Check-in Penginapan (welcome drink).
11.00: Makan Siang.
13.00: Snorkling Ke Pulau Payung Besar & Payung Kecil.
15.30: Snorkling Ke Pulau Tidung Kecil.
16.00: Banana Boat
17.00: Sunset Di Pantai Tanjung Barat.
18.30: Makan Malam.
20.30: Barbeque (ikan + cumi).
22.00: Acara Bebas dan Istirahat.

Hari ke 2 :
05.00: Sunrise (free)
06.00: Makan Pagi.
06.30: Bersepeda ke Jembatan Cinta & Pulau Tidung Kecil (kerangka ikan paus , penangkaran penyu, budidaya ikan nemo).
10.00: Bersepeda Ke Saung Cemara Kasih (pantai).
12.00: Makan Siang
14.00: Check-out Penginapan.
15.00: Kembali Ke Jakarta (trip selesai).

Gimana dengan jadwalnya, tampaknya padet ya, namun tenang aja kok bisa flexible, yang penting komunikasi dengan pemandunya. Terutama bagi kita yang bawa anak masih kecil, masih banyak molor waktu menyesuaikan ritme anak.

Review Perjalanan Pulau Tidung 2D1N Part 1

Kalau secara itinerary kumpul jam 7 di marina, bagi kami yang dari bogor harus start dari jam 3 pagi. Kami harus mengejar kereta pertama bogor-jakarta kota, agar bisa sampai sesuai waktunya.

Kami naik kereta pertama singgah dicikini untuk solat subuh. Setelah itu ngegrab ke marina ancol, by the way dalam paket itu kami sudah gratis masuk ancol ya dan grab pun tidak terkena biaya masuk saat mengantar kami ke dermaga.

Daan ternyata saat kami sampai sana jam 7, belum berangkat ternyata, jadi berangkatnya sekitar jam 8 lewat gitu. Yaudah kami memutuskan sarapan dulu dikantin murmer didekat situ. Makan mie ayam, rasanya lumayan oke.

Akhirnya kami boarding, tsaah.. naik kapal speedboat black pearl 2. Kami duduk dibawah ruang ber-AC. Secara umum tempatnya nyaman, ac-nya terasa, yaa untuk ukuran angkutan umum lumayan terawat.

Selama perjalanan menuju pulau tidung, kapal kami menurunkan penumpang terlebih dahulu dipulau payung. Sehingga waktu perjalanan yang ditempuh menjadi 1 jam 30 menit.
tulisan pulau tidung
Pulau Tidung - Dokumentasi Pribadi
Sesampainya kami di pulau tidung, kami menghubungi pemandu kami yaitu pak ghalang. Dari situ kami naik bentor dengan harga 25rb ke penginapan yang tidak terlalu jauh dari dermaga, namun memang bukan view laut.


Dibentor kami melihat banyak wisatawan lain yang sudah dating atau baru datang ada yang berjalan kaki menikmati pemandangan suasana laut dan angin sepai sepoi,, nikmat betul. Rasanya apa ya, seperti kebahagiaan yang sederhana aja.

Sesampainya dipenginapan, kita bersyukur, lokasi rumah oke, rumah dalamnya pun oke, bersih dan bagus. Sangat layak sekali. Kamar ber-ac, selimut, sajadah dan Kasur besar 2 dikamar yang kami tempati.

Masih ada waktu sampai menuju agenda snorkling, maka kami pun beristirahat dahulu. Dan menikmati sajian makan siang dirumah. Uniknya makanan disajikan dengan wadah makanan dan piring sehingga meminimalisir sampah wadah makanan. Seperti salah satu slogan-nya tidung, lindungi tidung dari sampah.

Kelanjutannya di part 2 yaa.
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment