sitisartikah.com

Tips Berlibur Ke Singapura Bagi Pemula

Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah masih bisa diberikan nikmat sehat wal afiat di antara kesibukan membersamai buah hati yang sudah mulai masuk sekolah. Saya ingin berbagi tips berlibur di Singapura bagi pemula di masa pandemi ini.

Seperti yang kita tahu Singapura adalah salah satu negara maju yang letak geografisnya dekat dengan negara kita Indonesia. Sehingga membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit. Namun, tak hanya letak geografis, Singapura juga memiliki banyak daya Tarik tersendiri yang membuat orang ingin mengunjunginya.

tips berlibur ke singapura

Why Singapura

Alhamdulillah, Pada bulan Juni lalu kami sekeluarga berkesempatan mengunjungi negara tersebut. Negara yang punya cerita bagi saya dan suami, karena dulu kami sempat LDM (long distance married) antara Jurong (Singapura) dan Bogor, sehingga suami ingin sekali mengenalkan Singapura kepada kami (saya dan ahsan).

Menurut suami, singapura adalah salah satu negara dengan penduduk yang tertib serta memiliki banyak nilai positif yang bisa dicontoh. Ada juga beberapa peraturan-peraturan yang membuatnya takjub dan jatuh hati dengan sistem yang diterapkan oleh pemerintah singapura serta masih banyak hal lain yang dia utarakan jika berkaitan dengan Singapura.

Oleh karena itu di sini saya mencoba mengulas, Kenapa harus Singapura?. Yuk simak ulasan dibawah ini.

1. Lokasi Strategis

Waktu kami memutuskan untuk kesana, salah satu faktornya adalah lokasi negara Singapura yang strategis berdekatan dengan Indonesia. Sehingga tiket menuju kesana pun terbilang masih ramah dikantong kami (masih masuk budget lah yaa.hehehe).

2. Kemudahan Sarana Transportasi

Faktor selanjutnya adalah kemudahan sarana transportasi. Bagi wisatawan seperti kami dengan budget pas-pasan, singapura sangat ramah kantong, dikarenakan fasilitas transportasi dengan harga yang terjangkau serta dengan sistem yang baik. Sistem yang baik disini adalah kita hanya membutuhkan satu kartu untuk dapat naik ke sarana transportasi apa saja.

Sistem transportasi yang ada memudahkan wisatawan untuk pergi ke satu tempat wisata ke tempat lain lebih mudah. Jadi kami bisa kemana pun dengan lancar tanpa harus bingung-bingung.

Dan satu hal lagi, sepertinya selama kami disana, yang namanya macet itu tidak ada, jika berhenti pun itu karena lampu lalu lintas atau pejalan kaki. Mungkin faktor terbesarnya adalah warga Singapura terbiasa menggunakan kendaraan umum serta pajak kendaraan pribadi yang tinggi sehingga volume kendaraan tidak terlalu banyak.

3. Fasilitas Pendukung Baik dan Terawat

Selain fasilitas transportasi yang baik, Singapura juga menyediakan fasilitas pendukung lainnya yang ramah bagi wisatawan seperti kemudahan mengakses air minum (jadi tidak perlu keluar budget tambahan membeli air.hehe), fasilitas ibadah, serta banyak fasilitas gratis yang bisa digunakan oleh wisatawan.

Satu point yang buat saya salut dengan pemerintah Singapura adalah saat mereka mendesain suatu tempat pasti mempertimbangkan kemudahan akses untuk penyandang disabilitas seperti pengguna kursi roda. Salah satu contohnya lift khusus untuk pengguna kursi roda di setiap MRT, mall, bis shuttle dan tempat-tempat lainnya. Dengan demikian kita dapat melihat ada pengguna kursi roda yang naik MRT tanpa bantuan siapapun di Singapura.

4. Kesamaan Culture

Hal lain yang membuat kami tertarik kesana adalah kesamaan culture. Yhaa sebagai negara tetangga, Singapura juga mempunyai kebudayaan yang hampir sama dengan Indonesia, Malaysia seperti cara panggil, nama makanan serta kebiasaan lain yang tidak asing bagi kami.

5. Banyak Tujuan Wisata

Nah.. Singapura memiliki banyak sekali tujuan wisata, serta tempat-tempat iconic yang menarik untuk dikunjungi. Mereka mempunyai banyak list atraksi yang bisa dinikmati oleh para wisatawan serta banyak atraksi gratisnya juga lho. Jadi jika mau ke Singapura tidak mengeluarkan budget besar, bisa memanfaatkan atraksi gratis yang di sediakan oleh pemerintah setempat.

6. Kemudahan Menemukan Makanan Halal

Sebagai muslim point halal adalah yang terutama saat berpergian. Di Singapura kita dapat menemukan makanan halal dengan mudah serta pemisahaan makanan halal dan non halal pun jelas. Hal ini membuat kita lebih nyaman dalam berwisata.

Tips Berlibur Ke Singapura Bagi Pemula

1. Tentukan Destinasi Wisata

Sebelum kami membuat itenarary, kami melakukan browsing terlebih dahulu mengenai wisata apa saja yang akan kami kunjungi di Singapura. Tempat wisata ini akan menentukan budget yang akan dikeluarkan nanti. Seperti jika kita ke garden by the bay, kita bisa memilih untuk menikmati atraksi lampu yang gratis untuk umum, atau yang berbayar dengan menaiki sky light di garden by the bay.

2. Siapkan Itenarary

Point ini sangat penting ya, Pemerintah Singapura lebih senang jika kita sudah memiliki tujuan selama berada di Singapura. Jadi hal pertama yang harus kita tentukan adalah tanggal kedatangan dan kepulangan dari Singapura serta dimana tempat kita akan menginap selama di Singapura. Karena bagi mereka lebih safe jika sudah mengetahui profil dari wisatawan yang masuk ke negara mereka. Jangan sampai, saat wawancara di keimigrasian Singapura, kita di deportasi ke Indonesia.

Itenarary ini penting memandu kita mengoptimalkan hari-hari kita selama di Singapura ya. Tak hanya tujuan wisata, diharapkan itenarary yang dibuat dengan sedetail mungkin, sampai gambaran akan makan pagi (bagi yang exclude sarapan seperti kami), makan siang dan makan malam sampai cara menuju lokasi wisata.

3. Submit Dokumen Kedatangan dan Persyaratannya

Hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mensubmit Singapore Arrival Card (submit SG Arrival Card) di https://www.ica.gov.sg/enter-depart/entry_requirements/sg-arrival-card. Sampai saat ini, dokumen yang dibutuhkan adalah paspor, sertifikat vaksin perjalanan luar negeri (bisa di cek melalui aplikasi peduli lindungi) serta aturan lainnya yang ada dalam SG Arrival Card.

Untuk waktu submitnya dilakukan H-3 keberangkatan pada website diatas. Setelah mensubmit tersebut, kita akan mendapatkan SG Arrival Card yang nantinya akan ditunjukan saat check-in di bandara, imigrasi, hotel serta tujuan wisata (sesuai peraturan yang berlaku).

4. Siapkan Budget

Sebelum berangkat ada baiknya melakukan perhitungan kasar budget perjalanan agar dapat menjaga kestabilan keuangan baik selama disana atau pun setelah pulang.hehehe. beruntungnya saat ini ke Singapura sudah tidak menggunakan jaminan masuk, sehingga fokus pengeluaran biaya kita nanti seputar kebutuhan selama di Singapura dan lain-lain.

Untuk penukaran mata uang pun bisa dilakukan saat di Singapura, jadi kita tidak perlu repot-repot menukar uang disini. Saat sudah sampai di Singapura, kita bisa menggunakan fitur tarik uang di ATM, tentunya ATM tersebut telah dilengkapi dengan fitur konversi mata uang yang sesuai standar yang ada. 

Penutup

Berpergian ke negara tetangga kita Singapura sangatlah mudah dan menyenangkan. Bahkan kita bisa hanya sekedar transit di Singapura dan berjalan-jalan ke wilayah terdekat atau hanya sekedar bermain-main di Bandara Changi pun sudah seruuu. Banyak hal-hal yang bisa kita pelajari dari negara Singapura. Sekian tips berlibur ke Singapura bagi pemula, semoga bermanfaat ya.
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

1 comment

  1. dulu beli tiket singapura yg promo tp gak jadi berangkat karena sudah dpt panggilan pulang kampung 😄 alhamdulillah baca ini biar ke Singapura nya bisa lebih bersiap 😍

    ReplyDelete

Post a Comment