sitisartikah.com

Eksplorasi Jurong Bird Park Singapura

Bismillah, Hai booster readers, masih semangaat kan. Nah setelah membahas tips berlibur ke Singapura bagi pemula, selanjutnya saya akan mencoba me-review salah satu tempat wisata yang ada di Singapura dalam blog saya. Disini akan coba diulas kegiatan eksplorasi yang kami lakukan di Jurong Bird Park.

Jurong bird park
Jika kita mendengar negara Singapura maka akan terbayang destinasi wisata seperti Universal Studio, Garden by the bay, Merlion Park, Sentosa Island dan lainnya. Namun kami ingin mencoba destinasi baru yang lebih unik, yaitu Jurong Bird Park. Jurong Bird Park disebut sebagai Asia’s Largest Bird Paradise. Jadi jika kalian merupakan pecinta burung, sepertinya wajib kesini saat berkunjung ke Singapura.

Jurong Bird Park – Singapura

Dalam itenarary perjalanan kami ke Singapura, Jurong Bird Park merupakan salah satu destinasi utama. Dikarenakan kami bertiga (saya, suami dan anak) lebih menyukai wisata alam yang banyak pepohonan, serta lekat dengan suasana asri. Nah, di Jurong Bird Park menawarkan hal tersebut, selain banyak edukasi yang bisa kami peroleh, suasana asri pun terasa sekali.
ruang penelitian telur burung
Jurong Bird Park terletak di Jurong Hill, dimana kita bisa menuju kesana dengan menaiki MRT dengan tujuan Boon Lay dan dilanjutkan dengan menaiki bis no.194 Jalan Ahmad Ibrahim. Jurong Bird Park memiliki beraneka ragam jenis burung yang dirawat dan dilestarikan, terutama burung-burung yang terancam punah.

Jurong Bird Park memiliki 3.500 burung dari 135 spesies burung. Banyak aneka jenis ragam burung dari yang hidup di afrika sampai di kutub. Jurong Bird Park merupakan salah satu wilayah konservasi terbesar untuk satwa burung, mereka melakukan penelitian dan perkembang biakan burung langka, agar keberadaannya tetap terjaga.

Sebagai informasi, Jurong Bird Park berada di bawah Pengelolaan Mandai Wildlife Reserve, sama seperti Singapore Zoo, Night Safari dan Safari River. Untuk tiketnya sendiri kalian bisa membeli tiket gabungan dengan tujuan wisata lain di bawah naungan Mandai tersebut. Namun untuk case kami kemarin, kami membeli sendiri tiketnya diluar paket gabungan.

Pembelian tiket masuk dapat dilakukan on the spot atau via aplikasi seperti Traveloka, tiket.com. Kami melakukan pembelian tiket melalui Traveloka dengan harga sekitar 280K (untuk non singapore resident) per orang sudah termasuk Tram di dalam area wisata. Harga diatas bisa lebih murah lagi jika ada diskon atau promo yang berlaku. Tiket yang sudah kami beli, di redeemed pada loket masuk. Kemudian, eksplorasi hunian burung terbesar se-asia raya pun dimulai.

Eksplorasi Jurong Bird Park Singapore

Saat masuk ke dalam Jurong Bird Park, yang pertama kali kami lakukan adalah melakukan survey lokasi terlebih dahulu dengan menggunakan tram yang tersedia. Kami memutari seluruh wilayah bird park yang ada dengan tram, sehingga paham secara garis besar area-area mana saja yang akan kami lebih telusuri. Yaa bayangkan saja, 20 hektar kalau langsung di hajar jalan kaki, agenda wisata ke tempat lainnya bisa ga optimal, sebisa mungkin kami juga menjaga stamina.

map jurong bird park
Secara garis besar area konservasi burung ini sangat rapih, tertata per bagian spesies. Mereka membangun sistem kendang yang tidak mengekang secara langsung burung yang ada. Serta melakukan rolling hewan yang akan dilepaskan di alam terbuka dan yang diletakan dalam kandang.

Kandang burung disini bukan seperti sangkar burung ya. Kandang yang ada dibuat se-ergonomis mungkin, memudahkan burung terbang kesana kemari dengan leluasa. Disini pun burung-burung yang ada tidak diberikan makan secara langsung, namun dibiarkan mencari makanannya, guna merawat insting dari burung tersebut.

Lalu, apakah hanya melihat burung saja yang dapat dilakukan?,, ooo tentu tidak. Terdapat beberapa kegiatan dan pertunjukan yang dapat dilakukan di Jurong Bird Park ini yaitu :

1. Memberi Makan Burung

Selain melihat dan mempelajari berbagai jenis burung, kita bisa juga ikut serta dalam memberikan makan. Untuk beberapa jenis burung, terdapat jadwal pemberian makan secara langsung oleh penjaga hewan. Hal ini guna meningkatkan interaksi hewan dengan pengunjung sehingga dapat melihat lebih dekat terhadap jenis burung tersebut.

2. Tur Ekslusif

Tur ekslusif ke African Hornbills mempelajari mengenai raptors dan menemui penjaga burung yang ramah.

3. Berkemah

Pihak mandai menyediakan kegiatan berkemah untuk anak-anak menjelajah dan belajar mandiri, aktivitas dalam tim serta mendapatkan wawasan unik terkait satwa liar.

4. Menikmati Air Terjun Buatan

Di Jurong Bird Park terdapat air terjun buatan yang didesain sedemikian rupa sehingga menjadi habitat bagi burung-burung tinggal. Saat kami ke sana, kami mengunjungi air terjun tersebut, maasyaa Allah indah sekali, suasananya begitu asri dilengkapi dengan jembatan gantung dimana kami bisa berfoto dengan latar air terjun tersebut.

air terjun buatanjembatan gantung
Di air terjun ini kita juga bisa melihat burung lalu lalang berterbangan, tempat pembiakan kupu, serta aneka tanaman yang asri. Untuk burung yang ada didalam area ini, tidak berada di dalam kandang ya, mereka terbang bebas ke sana kemari. Sehingga saat kami masuk menuju air terjun, kami bisa berjalan bersama dengan beberapa jenis burung yang sedang mencari makan.

5. Menonton Pertunjukan

Terdapat dua pertunjukan yang dapat kita nikmati yaitu pertunjukan High Flyers Show dan King of The Skies. Jadi setelah kami melakukan tour wilayah dengan tram, kami mencatat waktu pertunjukan kedua show tersebut. Berdasarkan jadwal yang ada berikut jadwal masing-masing pertunjukan :

High Flyers Show : 11.00 am & 03.00 pm di Pools Amphitheatre
King of The Skies : 10.00 am & 04.00 pm di Hawk Arena
jadwal showhigh flyer show
Kedua pertunjukan tersebut sudah termasuk dalam biaya tiket ya, jadi tinggal menuju lokasi pertunjukan aja. Waktu kunjungan kami kesana, Alhamdulillah kami masih bisa menonton kedua pertunjukan tersebut walau pertunjukan sore hari.

Saat High Flyers Show, kami menikmati pertunjukan dari burung-burung terlatih seperti kakatua, yang sempat pula menyanyikan lagu happy birthday untuk suami saya. Karena kebetulan bertepatan dengan hari kelahirannya. Kapan lagi kan, anti-mainstream milad di nyanyiin burung.hehehe.

menerjang hujan
Untuk pertunjukan King of the skies, awalnya kami ragu apakah pertunjukan tetap berlangsung? dikarenakan hujan makin menderas, ternyata pihak mandai tetap mengusahakan pertunjukan tetap berlangsung setelah hujan mereda. Berbekal memakai payung, Kami pun yang menunggu akhirnya bisa menikmati pertunjukan hewan terlatih ini di Hawk Arena.

Penutup

Jujur perjalanan di Jurong ini menantang dari segi cuaca, namun karena niat eksplorasi yang tinggi, Alhamdulillah kami bisa menjelajahi dan menikmati pertunjukan yang ada di Jurong Bird Park ini. 
Nyatanya ekplorasi Jurong Bird Park Singapura ini menjadi kesan mendalam bagi kami, selain wisata edukasi ramah anak juga sarana memperkuat kesolidan keluarga kami dalam menghadapi hal-hal diluar rencana.



Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

1 comment

  1. Simpen dulu buat referensi kalo besok mau ke sana :)

    ReplyDelete

Post a Comment