sitisartikah.com

ANIMALIUM BRIN Wisata Edukasi Baru Di Bogor

Assalamu'alaikum wr wb,

Hawa liburan terasa sekali ya dibulan Mei ini. Ternyata setelah dilihat-lihat banyak sekali jadwal libur plus cuti bersamanya yaa. Kira-kira sudah ada agendakah?. Nah jika belum, bisa banget nih dijadikan alternatif pengisi liburan untuk berkunjung ke ANIMALIUM BRIN Cibinong.

animalium brin lobby aves

Suatu kawasan wisata edukasi baru yang ada di Cibinong Kabupaten Bogor. Animalium ini baru dibuka pada tahun 2022. Lokasi yang dekat dengan jabodetabek dan menyediakan berbagai macam edukasi mengenai hewan. Hal tersebutlah yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi Animalium.

exhibit animalium

Apa sih Animalium Brin itu?

Dikutip dari laman Animalium, Animalium adalah wadah edukasi pengenalan satwa yang terletak dikawasan LIPI (BRIN) Cibinong. Animalium ditujukan untuk membangun kecerdasan ekologis pada generasi penerus bangsa.
rentang sayap burung

Didesain sebagai kawasan wisata ilmu pengetahuan satwa (Animal Science Tourism) terbesar di Indonesia, Animalium akan menjadi tidak hanya sarana peraga modern namun juga sebagai sarana publikasi penelitian dan etalase pengetahuan satwa dengan konsep baru di Indonesia.

Lokasi Animalium BRIN dan Harga Tiket

Lokasi Animalium ini berada di dalam kawasan BRIN Cibinong, yaitu KST SOEKARNO, Jl. Raya Jakarta-Bogor No.KM 46, Sentul, Kec. Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16911. Dengan jam operasional dari jam 09.00 sampai dengan 16.00 wib. 
paket edukasi animalium

Animalium menawarkan berbagai paket edukasi. Terdapat paket edukasi grup, mandiri dan mandiri sesuai usia sekolah. Untuk pengalaman kami, kami mengambil paket edukasi mandiri, karena kami datang secara langsung dan tidak grup. Harga tiket edukasi mandiri sebesar 95K sudah termasuk kit (buku+alat tulis).

Cara Menuju Animalium

Untuk yang berdomisili Jadetabek dan menggunakan angkutan umum, bisa menggunakan KRL jurusan nambo kemudian turun di stasiun cibinong. Dari stasiun tersebut bisa langsung menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan online.
Untuk yang berdomisili dibogor, bisa naik kereta turun di bojong gede, kemudian dilanjutkan dengan transportasi online. Lokasi menuju animalium terbilang mudah dijangkau, jadi tenang aja yaa, bagi yang suka berpergian dengan angkutan umum.

Ada apa saja di Animalium?

Animalium BRIN selain merupakan pusat penelitian satwa liar yang juga dapat berfungsi sebagai suaka margasatwa. Animalium menawarkan 18 area yang dibagi menjadi dua kategori utama: Exhibit yang menampilkan hewan-hewan hidup dan Lobby yang menyajikan replika hewan dan multimedia interaktif.
exhibit animalium
Di Exhibit Animalium, terdapat fasilitas yang menampung berbagai jenis hewan, termasuk burung langka, landak, kura-kura, dan berbagai jenis reptil serta serangga. Pengunjung bisa melihat hewan-hewan unik yang tidak sering ditemui sehari-hari.
exhibit dan habitat
Untuk ruangan lobby, dinamai berdasarkan kelompok hewan, seperti mamalia, pisces, aves, reptil, amfibi, dan lainnya. Di area ini kita bisa mengenal lebih dekat kelas dari hewan tersebut, dari ciri fisik, habitat, dan morfologi tubuh sampai ke suara hewan tersebut. 
variasi edukasi
Bentuk edukasi tersebut disajikan dalam bentuk patung peraga hewan dan dilengkapi dengan teknologi layar sentuh untuk memberikan informasi lebih detail.

Pengalaman Wisata Ke Animalium BRIN

Waktu kesana kami datang di hari sabtu, situasi lokasi wisata lumayan ramai, namun masih terkondisi dengan baik. Kami mengambil tiket edukasi mandiri yang tanpa guide, karena ingin lebih menikmati wilayah tertentu yang disenangi oleh anak.
Pertama kali masuk lobby, kita amaze banget dengan semua alat peraga dan tampilan edukasi yang diberikan dari masing-masing kelas hewan serta status kondisi hewan tersebut, Apakah masuk dalam kategori punah, hampir punah dan sebagainya.
Dilanjutkan dengan masuk wilayah aves, disitu banyak informasi menarik tentang burung. Perbedaan morfologi burung pemangsa dengan tidak, perbedaan suara burung serta informasi sejarah nenek moyang burung.
burung tertua
Selanjutnya masuk kedalam wilayah habitat tempat tinggal bangsa aves dan hewan lainnya. Diwilayah ini disajikan replika habitat yang mirip dengan aslinya, sangat estetik dan merupakan sarana berfoto ria. Tak lupa diwilayah ini pun terdapat hewan-hewan yang dilepas yang bisa pula kita amati.
kura-kura
Selain replika tersebut, ada pula bagian exhibit yang berisi hewan-hewan yang diteliti oleh pihak Animalium. Ada satwa liar seperti ular, kura-kura, serangga dan masih banyak lagi.
Sangat menarik sekali pihak animalium menyajikan hewan dan hasil penelitiannya. Sehingga anak-anakpun tertarik untuk belajar dan membaca apa yang ditampilkan.
replika hutan hujan tropis
Bagi kami, kesini merupakan pengalaman yang luar biasa penuh akan banyak ilmu dan sangat menyenangkan mata. Oiyaa, untuk fasilitas pelengkapnya terbilang cukup baik ya dari mushola, kantin atau toilet. Dikarenakan bangunan ini masih terbilang baru.

Penutup

Insya Allah ga nyesel untuk berkunjung ke Animalium, dapat edukasi plus dapat foto-foto yang kece juga. Anak betah, ibu pun senang.

Happy holiday  
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood
Newest Older

Related Posts

Post a Comment