sitisartikah.com
Featured Post

Adab Sebelum Ilmu

Bismillahirrahmanirrahim, Adab sebelum Ilmu Kenapa harus Adab dulu sebelum ilmu ? 1. Karena itu kebiasaan Para Sahabat dan Para Ulama 2. Supaya ilmu …

Makin Seruu ke Perpustaakaan Bogor ada Bumi Parawira : Pameran Edukasi Sejarah Kota Bogor

Bogor tak pernah berhenti untuk berinovasi. Yuupp salah satu yang dilakukan dalam meningkatkan animo pengunjung Perpustakaan Bogor adalah dengan menghadirkan galeri pameran sejarah yaitu Bumi Parawira.

galeri bumi parawira
Sedikit cerita, dalam rangka meningkatkan kegemaran anak akan buku. Kami sering mengagendakan berkunjung ke perpustakaan, apalagi perpustakaan kota bogor yang saat ini lebih mudah diakses karena berada dipusat Kota Bogor.

Nah, waktu masa liburan kami ke perpustakaan ternyata sedang ada pembukaan galeri yang saat ini dikenal dengan nama Bumi Parawira. Waah diperpustakaan tidak hanya penuh buku berkualitas tetapi ada galeri pula.Karena merasa unik, dicoba lah mencari tau, ternyata galeri ini bisa dikunjungi oleh umum dan gratis pula. Jadilah kami berusaha mencari cara bagaimana bisa berkunjung.

Sebelum masuk pada cara berkunjung, kita bisa kenalan dulu nih dengan Perpustakaan Kota Bogor, serta apa, siapa dan dimana Galeri Bumi Parawira.

Sekilas tentang Perpustakaan Kota Bogor

Perpustakaan Kota Bogor tampil dengan wajah baru yang berlokasi di Jl. Kapten Muslihat No.21, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122 dengan jadwal operasional pada hari selasa sampai dengan minggu pukul 08.00 - 15.00 WIB.

perpustakaan kota bogor
Perpustakaan Kota Bogor dilengkapi dengan banyak koleksi buku, ruang buku dan baca anak (dengan isi buku untuk anak-anak), playground anak, ruang multimedia, galeri bumi parawira serta banyak lagi.

Anak-anak bisa menghabiskan waktu membaca dan bermain dengan lebih menyenangkan. sehingga perpustakaan kota bogor bisa menjadi tempat positif bagi anak menghabiskan waktu libur atau senggangnya.

Bumi Parawira 

Bumi Parawira memiliki arti “Rumah Para Pemimpin yang Berani”. Yang merupakan galeri berisi visualisasi dari kisah para pemimpin di Kota Bogor sejak masa Kerajaan Pajajaran hingga masa kini.

Lorong waktu masuk ke bumi parawira
Bumi Parawira berlokasi di Perpustakaan Kota Bogor lantai 3 yang beralamat di Jl. Kapten Muslihat No.21, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122.

contoh koleksi bumi parawira

Galeri Bumi Parawira menjadi inovasi dalam rangka edukasi sejarah Kota Bogor, agar rakyatnya mengenal sejarah dan siapa pemimpinnya. Hal ini pun meningkatkan atensi warga dalam mengunjungi Bumi Parawira.

Kisah sejarah kepemimpinan dihadirkan melalui lukisan, benda peninggalan sejarah (replika), game hingga teater imersif yang akan membawa pengunjung melintasi sejarah-sejarah kepemimpinan Kota Bogor.

"Galeri Bumi Parawira adalah bentuk kolaborasi antar seniman, pelaku kreatif, sekaligus penggiat sejarah di Kota Bogor dalam upaya pendokumentasian peristiwa dan kisah historis di Kota Bogor lewat koleksi kesenian yang inspiratif." (https://bumiparawira.com/id/tentang)

Terdapat lima jaman kepemimpinan yang bisa dilihat dalam galeri yaitu Periode Kerajaan Padjajaran, Periode Kolonialisme, Periode Revolusi dan Orde Lama, Periode Orde Baru dan Periode Reformasi.

Bagaimana cara berkunjung ke Bumi Parawira

Untuk berkunjung ke Bumi Parawira tidak dipungut biaya alias gratis. Namun sebelum berkunjung kita harus reservasi tiket masuk terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan ruangan yang terbatas dan membutuhkan jarak dengan pengunjung agar menjaga koleksi agar tetap aman.

Terdapat dua kategori, yaitu dengan tour guide atau tidak (keduanya gratis). Waktu kami mengunjungi galeri, kami memilih dengan menggunakan tour guide karena dengan ada tour guide kami jadi lebih paham alur cerita yang ingin disampaikan dalam galeri tersebut. Berasa seperti mendengarkan cerita sejarah sambil melihatnya melalui koleksi yang ada.

kunjungan dengan tour guide

Namun, jika dengan tour guide saat lebih cenderung banyak kerumunan, sehingga kurang leluasa mengabadikan suasana dalam galeri yang astetik ceunah. Kalo boleh saran, enaknya dua kali ke galeri, pertama dengan tour guide dan kedua tanpa tour guide.

Cara mendapatkan tiket masuk Galeri Bumi Parawira adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke website https://bumiparawira.com/ pilih tiket.

website bumi parawira


2. Pada bagian awal, terdapat pilihan jenis kunjungan perorangan atau rombongan. Pilih sesuai dengan kondisi masing-masing.

kategori tiket

3. Isi kolom pertanyaan selanjutnya tersebut, berikut tentukan rencana kunjungan melalui pilihan waktu yang tersedia.

kolom jadwal kunjungan

4. Tentukan jadwal dan sesi kunjungan

sesi kunjungan

5. Diakhir pertanyaan jangan lupa untuk memasukan jumlah tiket yang dipesan berikut dengan menceklist persetujuan data diatas. Jangan lupa klik tombol biru pesan tiket.

6. Tiket dengan barcode akan masuk kedalam email kalian.

7. Kalian bisa langsung datang sesuai dengan jadwal kunjungan yang diisi dengan membawa tiket barcode tersebut.

Kunjungan ke Galeri Bumi Parawira, membawa pengalaman baru bagi anak. Anak mendengarkan cerita sejarah kepemimpinan sekaligus mendapatkan gambarannya melalui koleksi dan replika yang ada. Dengan mendapatkan pengetahuan tersebut, anak bisa semakin mengenal tempat mereka tinggal.

Yukk ke Perpustakaan Bogor

Yuuk Belajar menyenangkan di Galeri Bumi Parawira

Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment