sitisartikah.com

Buku Anak Seri 5 Perkara

“Buku adalah Jendela Dunia, Dekatilah maka kamu akan mengetahui banyak ilmu”
Sebelum mengenalkan anak cara membaca, kenalkanlah buku dengan membacakannya. Dengan membacakan buku, dapat meningkatkan minat anak terhadap buku. Sehingga anak merasakan bahwa buku bisa membawa mereka ke ruang imajinasi dan pengetahuan. Dengan demikian anak akan merasa terpacu untuk dekat dengan buku.

Dalam upaya mendekatkan anak dengan buku, biasanya para mommy-mommy berusaha untuk memberikan buku yang menarik dan sarat akan makna. Disini mamak berusaha memberikan rekomendasi buku anak berkualitas yaitu Buku Anak Seri 5 Perkara.
review buku anak
"Manfaatkanlah 5 perkara sebelum 5 perkara; 1. Waktu mudamu sebelun waktu tuamu, 2. Waktu sehatmu sebelum waktu sakitmu, 3. Masa kayamu sebelum masa kefakiranmu, 4. Masa luangmu sebelum masa sibukmu, 5. Hidupmu sebelum matimu" Hadist Riwayat Al-Hakim dalam Al Mustadrak
Kelima tema diataslah yang coba dibangun dalam buku cerita anak seri 5 perkara sebelum 5 perkara yang dikeluarkan oleh Penerbit Gema Insani. Betapa pentingnya kita memanfaatkan 5 perkara dengan sebaik-baiknya sebelum datang 5 perkara.

Buku cerita anak yang sarat akan makna, dapat menjadi salah satu pilihan kita dalam menyajikan buku berkualitas kepada anak. Untuk lebih mengenal lagi seperti apa buku seri 5 perkara ini. Mamak akan mencoba mengulas setiap buku dalam seri 5 perkara.

Buku Seri 5 Perkara

Seri 5 Perkara ini merupakan sebuah ilustrasi melalui cerita dan gambar mengenai pentingnya memanfaatkan 5 perkara sebelum 5 perkara dalam Hadist Riwayat Al-Hakim dalam Al Mustadrak. Dengan menghayati makna dalam cerita dibuku ini, kita dan anak diajak untuk lebih memanfaatkan waktu yang dimiliki.

Buku ini tak hanya membawa cerita yang bagus tapi dampak positif dari cerita pun dapat kita rasakan. Berikut gambaran umum seri 5 perkara ini :

Terdapat 5 Judul turunan dari seri 5 perkara :
1. Hafalan Risa (Perkara Sehat sebelum sakit)
2. Janji Fadli (Perkara Muda Sebelum Tua)
3. Sedekah Luki (Perkara Kaya Sebelum Miskin)
4. Tugas Kolase Andini (Perkara Lapang Sebelum Sempit)
5. Amal Baik Risa (Perkara Hidup Sebelum Mati)

Penulis : Ariany Primastutiek
Ilustrasi : Ahmad Saba
Penerbit : Gema Insani
Tahun terbit : 2019
Rekomendasi Usia : 5 Tahun ke atas
Harga per Buku : Rp. 30.000,- (dapat dibeli per satuan buku, atau satu paket seri)

Buku-buku tersebut dapat dibeli di akun official store Gema Insani atau toko-toko reseller buku-buku islami. Berikut ulasan masing-masing buku dalam seri 5 perkara ini.

1. Hafalan Risa (Perkara Sehat Sebelum Sakit)
Buku pertama dalam seri ini mengkisahkan tentang Risa yang mendapatkan tugas menghafal surah Ad-Dhuhaa selama dua pekan. Karena merasa sudah hafal Risa tidak melakukan murojaah, malah keasyikan bermain. Sampai suatu waktu risa pun jatuh sakit dan harus di rawat.
Lalu apakah risa dapat menyetor hafalannya dengan baik? Dan bagaimana kah hasilnya?

2. Janji Fadli (Perkara Muda Sebelum Tua)
Buku kedua dalam seri ini adalah Janji Fadli. Dikisahkan bahwa Fadli sedang mengunjungi Kakek Neneknya di Desa. Ternyata ada kegiatan belajar mengaji yang dimana pesertanya adalah nenek-nenek dan kakek-kakek. Mereka masih belajar iqra dan menyetor hafalan Al-Qur’an.
Fadli pun merasa penasaran karena biasanya yang belajar adalah anak-anak? Namun dari hal tersebut Fadli menyadari sesuatu bahwa belajar di usia tua itu berbeda dgn saat usia masih muda. Lalu seperti janji apa yang diucapkan Fadli?.

3. Sedekah Luki (Perkara Kaya Sebelum Miskin)
Kisah dalam buku ini dimulai dengan kemenangan luki menjadi juara lomba menggambar. Dia mendapatkan banyak hadiah, salah satunya adalah uang dengan nominal yang cukup banyak.
Berbagai rencana telah dibuat oleh Luki, namun ditengah perjalanan Luki tergoda akan sesuatu. Sehingga terjadi perubahan. Bagaimana kelanjutannya kisah luki dan rencananya?

4. Tugas Kolase Andini (Perkara Lapang Sebelum Sempit)
Andini dan teman sekelasnya mendapatkan tugas membuat kolase. Selain itu ada tugas membuat puisi dan ulangan harian. Andini menunda-nunda waktu mengerjakan tugas karena menurutnya tugas itu gampang dan masih lama waktu pengumpulannya. 
Waktu pun terus berjalan dan andini sibuk bermain, sampai pada waktu andini harus mengumpulkan tugas besok hari?. Lantas bagaimana dengan tugas andini yaa.

5. Amal Baik Risa (Perkara Hidup Sebelum Mati)
Cerita ini menekankan terhadap salah satu amal baik yaitu membayar hutang dan menepati janji. Hal ini yang dipikirkan Risa saat dia menghadiri acara pemakaman Ayah teman sekelasnya yang wafat. Dimana keluarga Satria memohonkan maaf dan berjanji akan memenuhi utang piutang atau janji almarhum ayah satria.
Dengan tekad yang kuat risa berusaha untuk mengerjakan amal baik yang sudah dia catat. Seperti apa sih amal baik yang akan dikerjakan risa? Bagaimana cara risa mengerjakannya?.

Review Buku Anak Seri 5 Perkara

Secara umum buku ini memiliki ilustrasi yang menarik hati anak, tema yang membangun akhlak yang baik, alur cerita dan bahasa mudah dipahami anak dan terdapat uraian hikmah diakhir cerita sehingga merangkum kesimpulan yang hendak disampaikan oleh sang penulis.

Ulasan masing-masing judul buku diatas adalah gambaran cerita masing-masing buku. Kita bisa mengikuti kisah risa, fadli, luki dan andini dengan membaca buku cerita ini.

Banyak sekali ibroh yang bisa diambil, bukan hanya untuk anak-anak namun kami juga sebagai orang tua. Melalui seri 5 perkara ini dapat meningkatkan kesadaran anak-anak tentang pentingnya memanfaatkan waktu, semangat belajar sejak dini dan memberikan nasihat bahwa tidak ada kata terlambat untuk belajar.

Begitu menginspirasi buku cerita anak seri 5 perkara ini, Gema Insani dan team sudah membantu menghadirkan buku cerita sederhana namun sarat makna bagi anak-anak dan pengingat untuk kami sebagai orang tua.
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment