sitisartikah.com
Featured Post

Resep Bolu Marbel Kukus

Hari ini anakku minta bolu lagi,, Yhaa begitulah masa MPASI, saat anak sedang semangat-semangatnya terhadap satu menu biasanya kita jadi semangat unt…

Resep Kue Apam Kukus - Camilan MPASI

Menu makanan baru atau camilan merupakan salah satu lika liku perjalanan dalam pemberian MPASI anak. Orang tua terutama ibu diminta untuk berusaha kreatif mencari atau menghasilkan menu baru yang bervariasi agar anak semakin lahap dan jauh dari GTM (gerakan tutup mulut).

kue apam kukus
Jujur menurut saya, masa GTM itu termasuk dalam fase yang sangat membuat stress. Kondisi dimana bingung, khawatir dan tekanan berkumpul menjadi satu. aiihh..sedramatis itukah, yaa,,ciuss bagi yang saya alami seperti itu.

Untuk yang anaknya belum pernah mengalami fase GTM, semoga dijauhkan yaa dan doakan orang lain yang sedang mengalaminya. Selalu kedepankan moms support moms yaa.

Sempat kami dapat nasihat dari dokter spesialis anak, jika memang anak sedang mengalami fase malas makan atau GTM, bisa dibantu dengan menaikan jumlah frekuensi pemberian makanan atau pemberian makan saat anak sudah lapar (anak meminta makan). Kedua opsi tersebut bisa dipilih mana yang paling baik diterapkan dengan pertimbangan umur anak.

Untuk opsi penaikan jumlah frekuensi pemberian makan, tidak masalah apabila anak dalam satu kali makan sedikit, asalkan frekuensi diperbanyak (terdapat jeda dari pemberian yang sebelumnya). Maka jumlah asupan akan tetap bisa memenuhi gizinya. 

Penambahan frekuensi bisa divariasikan dengan makanan padat gizi seperti misoa goreng, puding pandan lumut, karena sudah ada bagian kalori, serat dan protein didalamnya. Bisa juga diberikan camilan yang ringan dan disukai anak seperti kue apam, bolu kukus atau bolu marmer.

Camilan kue apam merupakan makanan yang bisa membantu menyumbang kalori anak. Jadi kalo anak suka apam, bisa tinggal ditambahkan protein atau sayur lainnya.

Nah disini saya akan berbagi resep kue apam kukus untuk camilan mpasi anak. Untuk umur diatas 1 tahun, karena sudah masuk gula garam.

Resep Kue Apam Kukus

Resep pembuatan kue apam kukus ini, menggunakan ekstrak daun pandan, agar lebih wangi. Sehingga biasa sering saya sebut apam pandan kukus.

Bahan-bahan pembuatannya simple yaa mam, tak perlu berepot-repot berjibaku dengan mixer bisa diaduk cukup dengan whisk saja.

Bahan-bahannya adalah sebagai berikut :

- Santan hangat 400 ml (me : Santan instan 65ml dua buah ditambahkan dengan 270ml air)

- Terigu 250 gram

- Gula Pasir 6 sdm

- Ragi (Fermipan) 1 gram

- Garam secukupnya

- Pasta pandan (merk koepoe-koepoe)

- Minyak Goreng 3 sdm

- Margarin secukupnya untuk olesan loyang.

Cara Pembuatan :

1. Hangatkan santan dan gula, sampai gula larut, kemudian dinginkan sampai anget-anget kuku.

2. Campur terigu, ragi, garam ke dalam larutan santan gula, serta terakhir tambahkan minyak goreng.

3. Diamkan selama dua jam, tutup dengan kain.

4. Tuang adonan dalam wadah yang sudah dioleskan margarin.

5. Panaskan kukusan, kukus adonan tersebut +- 30-45 menit.

6. Angkat dan berikan topping sesukanya. umumnya apam menggunakan kelapa parut, namun untuk saya diganting dengan keju parut.

apam pandan kukus

Selamat mencoba yaa,
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment