sitisartikah.com

Resep Bolu Marmer Anti Gagal

2 comments
resep bolu marmer anti gagal
Bismillahirrahmanirrahim, Halo readers, Kali ini mamak ingin membagikan resep camilan. Camilan itu ialah bolu marmer aka bolu jadul. Resep bolu marmer anti gagal ini resep turun temurun dari nenek plus ditambah simple pula.

Bolu Marmer

Tren makanan manis atau cemilan memang cepat sekali silih berganti. Namun bagi saya pribadi camilan berbentuk bolu-boluan seperti bolu kukus, bolu jadul atau bolu lapis tetap menjadi idola terutama untuk camilan anak-anak.

Bolu Marmer atau bolu jadul atau bolu marbel awalnya terkenal pada masa perjalanan imigran jerman menuju amerika sebelum adanya perang saudara. Dahulu pola marmer yang ada dalam bolu dihasilkan dari molase dan rempah-rempah.

Di Indonesia, bolu marmer menjadi makanan penuh kenangan. Bagi saya sendiri bolu marmer ini adalah bolu yang dimasak pada masa perayaan lebaran atau hari besar lainnya oleh nenek saya.

Dimana kami memasak bolu itu bersama-sama, dengan pembagian tugas para cucu mengolesi loyang dengan margarin dan terigu. Serta masih diingat pula saat kami menjadi pembersih wadah adonan dengan mencolek-colek sisa adonan. Doyan plus laperr yaa.

Cita rasa dan bentuknya khas, sangat akrab di lidah dan hati saya. Hal ini yang ingin saya hadirkan pula dihati anak saya, kegembiraan saat membuat bolu sebagai saat fun cooking dengan anak.

Sejarahnya bolu marmer dibuat dengan menggunakan baking pan yang dipanggang di atas pasir. Yang saat pengetesan kematangannya menggunakan lidi atau tusuk gigi yang ditusuk ke dalam bolu.

Bolu marmer sangat nikmat sebagai teman meminum kopi bagi saya atau camilan tinggi kalori buat anak. Jadi kalo ada yang bingung-bingung cari ide camilan sehat, bisa banget dibuat bolu ini dirumah. Terutama bagi yang sedang mengejar berat badan ideal anak.
kalori bolu marmer
Berdasarkan web fat secret bolu marmer memiliki kandungan gizi 339 kalori dalam 100 gram bolu marmer. Jumlah kalori ini setara dengan 125 gram steak daging sapi. So, sangat menjanjikan sebagai camilan anak terutama jika menemui fase-fase GTM (Gerakan tutup mulut) dengan menyemil ini pun hati mamak bisa tenang.

Resep Bolu Marmer Anti Gagal

Kunci dalam membuat bolu-boluan atau kue adalah presisi takaran dan mengikuti setiap prosesnya dengan baik. Karena beda perlakuan bisa beda hasil. Dan satu hal lagi, jangan pernah takut untuk mencoba. Jika takut gagal, cobalah setengah dari resep yang ada. Memang usaha yang dilakukan akan sama, tapi setidaknya meminimalisir resiko.

Bahan Utama :
4 butir telur ayam (uk. 250 gram)
250 gram Tepung Terigu
200 gram Gula Pasir (Resep asli 250 gram)
250 gram Margarin (me : merk Blue band)
1 sdt Perasa Vanila (me: merk Koepoe-Koepoe)
2 sdm Cokelat bubuk (me: merk Van Houten)

Alat pembantu :
Loyang uk.18 (yang ada lubang ditengahnya) atau Loyang ukuran apapun yang tersedia dirumah.
Mixer
Oven (Jika tidak ada oven, berarti bisa menggunakan happycall atau Kembali menggunakan baking pan beralaskan pasir)

Cara Pembuatan :
1. Oles loyang menggunakan margarin sampai rata, kemudian taburi tepung terigu sampai merata pula, sisihkan.
2. Mixer campuran gula dan margarin, sampai warna margarin menjadi pucat (putih kekuning-kuningan), biasanya +/- 5 menit dengan speed mixer yang tinggi.
3. Masukan telur satu persatu, sampai adonan mengembang baik. Tampak dari warna adonan yang agak putih mengembang.
4. Tambahkan vanili, kemudian turunkan speed mixer ke paling bawah lalu masukan tepung terigu. Aduk sebentar saja, sampai tepung rata.
5. ambil 10 sendok makan adonan dasar, campur dgn bubuk cokelat hingga merata.
6. Tata adonan dengan memasukan adonan dasar terlebih dahulu, kemudian diselingi adonan cokelat ditengah-tengah. Ulangi sampai seluruh adonan habis. Setelah selesai, bentuk pola melingkar-lingkar dengan menggunakan lidi.
7. Masukan kedalam oven suhu 180 derajat, panggang selama 30 menit menggunakan api bawah kemudian 10 menit dengan menggunakan api atas bawah.
8. setelah matang, angkat dari oven. Tunggu dingin baru dikeluarkan dari loyang. Hal ini dilakukan agar permukaan bolu lebih cantik.
9. potong sesuai selera, jika untuk stok camilan anak, biasanya mamak potong-potong sesuai ukuran nyemilnya, kemudian mama taruh dalam wadah bisa thinwall atau Tupperware atau lock and lock. Penyajian saat hendak dicemil anak, biasanya langsung saya sajikan saja, tidak dihangatkan lagi. Karena asli rasanya legit sekali walau masuk ke dalam kulkas.

Penutup

Dahulu nenek saya biasanya membuat bolu ini dengan ukuran 2x resep ini. Yaitu dengan perbandingan ½ kg Telor, Terigu, Gula dan Margarin. Hal ini menjadi dasar konversi saat akan memasak dengan volume yang lebih sedikit.

Selera dirumah kami agak sedikit berbeda, kurang suka manis, sehingga untuk perhitungan pemakaian gula saya kurangi menjadi 200 gram dari yang seharusnya 250gram. Menurut kami jumlah tersebut sudah sangat cukup manis.

Selain bolu ada juga jenis pudding yang biasa saya buat, bisa di cek di sini yaa. Bagi saya memasak merupakan salah satu sarana healing. Waah, jago masak berarti dong ya mak, jawabannya nggak,hehe.

Kunci utama memasak itu matang, soal rasa bisa ditakar ulang.hehehe. insya Allah dengan niat memberikan makanan terbaik untuk keluarga, pasti Allah berikan jalan.

Selamat mencoba resep bolu marmer anti gagal versi keluarga kami ya. Semoga cocok.
Good food, Good mood 🤗🤗😊🤗🤗
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

2 comments

  1. Suka banget sama quotenya. Kunci utama masak itu matang, soal rasa bisa ditakar ulang... Betuuul bgt deh. Setujuu

    ReplyDelete
  2. Aku suka makan sejenis roti 🤭, aku jadi pgen ikut makan ketika lihat d video, bolu diiris...apalgi dsampingny sdh tersedia secangkir minuman, yummy...

    ReplyDelete

Post a Comment