sitisartikah.com

Resep Biji Ketapang, Gurih Dan Renyah

Post a Comment
Maasyaa Allah kembali lagi dalam waktu-waktu menulis resep. Kali ini saya ingin berbagi suatu camilan yang biasa ada saat hari raya lebaran, Yapp camilan itu ialah Biji Ketapang.

biji ketapang
Biji Ketapang Siap Di Makan
Dokumentasi Pribadi

Biji ketapang merupakan salah satu camilan khas betawi. Biasanya disuguhkan pada saat hari raya menemani camilan lain seperti nastar, castangle dan putri salju.

Biji ketapang memiliki tekstur yang renyah, gurih dan agak keras. Beberapa menyukai biji ketapang karena rasanya yang unik.

Sejarah Biji Ketapang

Perpaduan antara terigu, margarin, gula dan kelapa serta santan menjadikan biji ketapang memiliki rasa yang gurih. penamaan biji ketapang diawali karena bentuk biji ketapang yang mirip dengan bentuk biji ketapang. Sehingga orang-orang lebih menyebutnya biji ketapang.

Makanan khas betawi ini, salah satu panganan yang wajib ada saat idul fitri. Dahulu keluarga kami pun sering membuatnya sebagai camilan hari raya. Proses pembuatannya pun bersama-sama. Segenap cucu dikerahkan untuk memotong adonan atau menggoreng adonan.

Resep Biji Ketapang Gurih dan Renyah

Saat masa MPASI ada fase anakku suka makanan yang bertekstur keras dan gurih. Biji ketapang menjadi salah satu camilan berat yang saya berikan karena dalam adonannya terdapat santan dan gula serta margarin. Tinggi kalori dan lemak yang dapat menambah gizi anak.

Nah buat ibu-ibu yang bingung mau kasih cemilan apa, serta ingin mengontrol pemberian gula kepada anak, membuat camilan homemade bisa menjadi salah satu alternatif. Salah satunya ya membuat biji ketapang ini. Insya Allah dari segi rasa dan krenyesnya ga kalah dengan biskuit-biskuit terkenal.

Berikut resep pembuatan biji ketapang ala keluarga kami untuk camilan MPASI anak.

Bahan-bahan :

1. Terigu
2. Santan Kara 65 ml 1 pcs
3. Telur 1 butir
4. Gula
5. Margarin
6. Garam secukupnya
bahan biji ketapang
Bahan-bahan Biji Ketapang
Dokumentasi pribadi

Cara pembuatan :
1. Kocok telur, gula dan margarin sampai tercampur rata sampai berbuih.
2. Kemudian masukan santan dan garam secukupnya
3. Masukan terigu sampai adonan kalis.
Adonan kalis biji ketapang
Adonan Kalis Biji Ketapang
Dokumentasi Pribadi
4. Proses pencetakan, sediakan nampan yang telah ditaburi tepung terigu.
5. Cara mencetak ; Gulung adonan memanjang, kemudian gunting adonan dengan miring letakan diatas nampan yang telah diberikan tepung terigu.
proses cetak biji ketapang
Cara Mencetak Biji Ketapang
Dokumentasi Pribadi

6. Goreng adonan yang telah digunting. Pada saat digoreng saat dimasukan diawal jangan terlalu diaduk. saat sudah terlihat keemasan baru aduk balik, goreng sebentar saja. jangan sampai gosong.
Adonan siap goreng
Adonan Biji Ketapang Siap Goreng
Dokumentasi Pribadi

7. Tiriskan biji ketapang yang telah digoreng. Dapat langsung dinikmati atau didinginkan untuk ditaruh dalam toples sebagai persediaan camilan.

Selamat mecoba yaa.
Happy Cooking




Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment