sitisartikah.com

Mudah! Cara Index Website Dengan Google Search Console

Google Search Console


Kali ini kita bahas soal index mengindex yang biasanya sering dilakukan para blogger agar artikelnya bisa terindex oleh mesin pencarian google. Karena sebagai blogger tentunya kita ingin tulisan dapat terbaca dan memberikan manfaat, yagaya.

Salah satu tools yang bisa digunakan adalah dengan mengindex melalui google search console.

Serius, tools ini bermanfaat banget, buat kita yang suka kemudahan. Dengan Google search console, kita seperti memperkenalkan blog kita kepada google. Sehingga google pun dengan mudah mengenai blog kita.

Sebelum berpanjang lebar, yuk kita bahas apa si Google Search Console ini.

Apa itu GSC


Google Search Console (GSC) adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu kita memonitor performa web atau blog kita. Pada dasarnya kita tidak harus mendaftarkan blog ke Search Console agar blog kita dapat dikenali dan berada dalam penelusuran google.

Namun dengan Search Console dapat membantu memahami dan meningkatkan cara Google melihat situs Anda. Sehingga kita juga dapat memahami seperti apa audience kita dan topik apa yang menarik bagi mereka.

Buat saya pribadi, memasang GSC pada blog saya membawa dampak yang signifikan. Salah satunya artikel mengenai tempat bermain “apple bee”. Dengan mendaftarkan blog tersebut, saya dapat masuk dalam penelusuran google page one. Maasyaa Allah.

Menurut saya, hal ini sebagai salah satu pemacu tersendiri untuk lebih sering menulis.

Fungsi GSC

Dengan mendaftarkan blog kita ke GSC kita akan dapat mendapatkan manfaat seperti berikut :
1. Mengetahui Performa Blog
Melalui GSC kita akan mengetahui performa blog kita. Hal ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
data performa blog

2. Membantu Riset Keyword
Selain mampilkan data performa, GSC juga akan memberikan informasi mengenai keyword yang digunakan oleh audience. Seperti yang tertera dalam gambar ini :
Keyword paling dicari

3. Indexing Artikel dan Inspeksi URL
4. Memberikan Gambaran Audience Blog Kita

Cara Memasang Google Search Console

Nah, kita masuk dalam prosedur cara mendaftarkan blog ke GSC. Seperti yang telah dijelaskan oleh coach marita, disini akan saya coba jabarkan lebih lengkap.

1. Mendaftarkan Blog ke GSC

Langkah awal mendaftarkan blog ke GSC atau membuat property GSC adalah dengan memastikan penggunaan email yang sama dengan email untuk membuat blog dan GA. Kemudian lakukan prosedur dibawah ini :

- Buka https://search.google.com/search-console/about lalu klik Start Now. Atau bisa juga melalui dashboard Blogger - Settings - Crawl and indexing, klik Google Search Console.

- Terdapat dua pilihan yaitu Domain dan URL Prefix. Pilih yang kanan, yaitu URL Prefix atau Awalan URL. Pilihan ini bisa digunakan untuk blog yang sudah TLD ataupun belum.

- Masukkan URL blog lalu klik Continue.

- Muncul kotak dialog diverifikasi otomatis. Tetapi jika ingin lebih yakin, lanjutkan ke tahap verifikasi kepemilikan. Secara garis besar berikut tampilan GSC Blog yang sudah terdaftar.
tampilan overview blog

2. Menghubungkan GSC dengan GA

Tahap ini, untuk menautkan GSC dengan GA. Caranya mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini.

- Buka tab baru Google Analytics, masuk ke akun property UA.

- Klik Admin, scroll lalu klik All Products.

- Di bagian Google Analytics Product Linking, scroll sampai ketemu Search Console. Klik Link Search Console.

- Pada bagian Search Console Settings, klik Add atau Tambahkan, ikuti tahapnya sampai selesai.

- Selanjutnya, di halaman Google Search Console - Settings - Associations, kamu bisa melihat bahwa GSC sudah terhubung dengan property UA.

Bagi yang sudah membuat property GA4, jangan lupa untuk menghubungkan juga dengan property GA4.

3. Submit Sitemap

Tahap terakhir adalah submit sitemap. Tujuannya agar Google lebih mudah crawling atau ‘merayapi’ blog. Jadi Google bisa lebih cepat tahu kalau kita posting artikel atau melakukan perubahan apapun di blog.

Adapun langkahnya adalah dengan masuk ke halaman GSC - Sitemaps - Add a new sitemaps. Isi sitemap.xml di kolom yang disediakan.

Penutup

Google perlu waktu untuk mengenali blog kita, dengan mendaftarkan blog ke GSC diharapakan blog dapat dengan mudah terindeks di google.

Selamat Mencoba yaa..
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment