sitisartikah.com

Mudah, Cara Mendaftarkan Blog Ke Google News

cara mendaftarkan blog ke google news
Sebagai seorang blogger tentu ingin sekali tulisannya membawa banyak manfaat, sehingga bisa lebih terasa dampaknya. Untuk itu perlu sekali tulisan kita bisa dengan mudah dikenali oleh mesin pencari terbesar yaitu google. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mendaftarkan blog kita ke dalam fitur google news.

Fitur google news di gadang-gadang sebagai salah satu fitur yang dapat mendukung artikel agar cepat terindeks di google. Oleh karena itu disini akan coba diulas mengenai pengertian, manfaat dan cara mendaftarkan blog kita ke google news.

Apa itu Google News

Google News adalah suatu layanan yang disediakan google khusus untuk memberikan konten berita dari berbagai website diseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

Layanan ini memiliki tampilan menarik dan dapat diakses secara gratis dengan laptop ataupun smarthphone. Selain itu, google news juga sudah diakses oleh banyak kalangan. Hal ini dapat memberikan point positif bagi blogger apabila dapat memanfaatkan fitur google news ini dengan baik.

Google news tidak hanya bisa diisi oleh media online terkenal saja, seorang blogger pun bisa mengisinya dengan mendaftarkan blog yang dimiliki. Dengan demikian konten atau artikel kita dapat disebarluaskan jika memang menarik dan layak disebarluaskan. Menarik bukan?. Pasti senang sekali rasanya bisa memiliki PV dari berbagai kalangan.

Manfaat Mendaftarkan Blog di Google News

Dalam materi tambahan dalam blogspedia coaching, dipaparkan bahwa terdapat beberapa manfaat mendaftarkan blog di google news bagi blogger, yaitu sebagai berikut :

1. Memudahkan Artikel Terindex di Google
Dengan mendaftarkan blog ke google news kita dapat lebih mudah terindex dalam google tanpa perlu melakukan index artikel di google search console.

2. Lebih Mudah Masuk Page One di Mesin Pecariaan Google
Salah satu keuntungan apabila blog kita telah terdaftar dalam google news, artikel kita dapat lebih mudah masuk ke dalam page one di mesin pencarian google. Apabila konten yang dibuat menarik dan layak, maka dengan mudah google akan membaca artikel kita saat ada pencarian.

3. Meningkatkan Jumlah Pengunjung
Sejalan dengan indexing dan lebih mudah ditemukan oleh google, maka dapat meningkatkan jumlah pengunjung organic pada blog kita.

4. Media Branding
Google news merupakan salah satu media branding bagi blogger.

5. Peluang Mendapatkan Backlink
Backlink adalah link yang mengarahkan kepada blog kita. Sehingga dapat meningkatkan kredibilitas blog kita.

6. Sarana Promosi Blog
Tak perlu iklan dimana-mana, dengan mendaftarkan blog ke google news kita sudah melakukan promosi untuk blog kita.

Cara Daftar Google News

Setelah mengulik manfaat mendaftarkan blog ke layanan google news. Sekarang saatnya mempelajari cara mendaftarkan blog ke google news yang merupakan salah satu materi bonus dari kelas blogspedia coaching batch 3 ini. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke Google News
Pada tahap ini, kita masuk ke google news melalui link berikut:
https://publishercenter.google.com/publications
Kemudian kita dapat membuat akun dengan menggunakan email yang sama dengan saat kita mendaftarkan di google search console.

2. Pilih Add Publication, isi bagian yang diperlukan seperti publication name, primary language, negara.

3. Lakukan verifikasi kepemilikan blog dengan GSC melalui memasukan url blog yang kita miliki

4. Setelah verified kita akan masuk kedalam pengaturan visual. Untuk melengkapi bagian ini kita diminta untuk menyiapkan gambar logo publication dengan ukuran minimal 512x512px dan rectangular logo dengan ukuran minimal 200px wide x 20px high.

5. Setelah membuat publication center dengan blog kita, masuk kedalam google news untuk mendaftar

6. Isi bagian general yang berisi basic information, negara dan google properties

7. Kemudian pindah ke bagian content setting, buat new section pilih feed. Kemudian masukan https://www.sitisartikah.com/feeds/posts/default?alt=rss
Untuk bertanda kuning diganti dengan alamat blog masing-masing.

8. Refresh sampai semua artikel yang ada dalam blog kita termuat

9. Kemudian next, akan terlihat point-point kelengkapan yang telah direview. Jika tidak ada perintah review, maka kita bisa melanjutkan ke bagian publish.

10. Setelah publish, data blog kita akan masuk dalam fase review dari pihak google. Masa tunggu “in review” ini berbeda-beda untuk setiap blog, ada yang hanya beberapa jam, ada yang beberapa hari. Untuk saya pribadi membutuhkan waktu 3 hari untuk in review, dan live pada hari ke-3.

11. Jangan lupa untuk save setiap perubahan yang dilakukan

Penutup

Point-point yang harus dibutuhkan pada saat mendaftar di google news adalah
1. Alamat email harus sama dengan email akun GSC (Google Search Console)
2. Pada saat melakukan pembuatan new section, harus dilakukan refresh sampai artikel dalam blog kita muncul
3. Cek Kembali bagian review sebelum melakukan publication
4. Bersabar dalam menunggu waktu review

Selamat Mencoba!
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment