sitisartikah.com

Makanan Halal Murah Di Singapura

3 comments
Setelah mensubmit SG Arrival Card, Akhirnya perjalanan dimulai. Seperti yang diuraikan dalam tips berlibur ke singapura, salah satu faktor pendukung memilih Singapura sebagai tujuan wisata adalah kemudahan menemukan makanan halal dan murah di Singapura. Andalan kami selama disana adalah makan di hawker atau cantine di Singapura.
makanan di cantine jurong point

Umumnya hawker yang ada sudah dilengkapi dengan tanda tenant yang menyajikan makanan halal dan dengan harga yang murah. Fokus kehalalannya pun tidak hanya sebatas pada menu yang dimakan, namun mereka juga melakukan pemisahan terhadap wadah makanan halal dan non.

Hal ini membuat kita makin yakin untuk makan di hawker yang ada di singapura. Tentu didukung dengan menu yang asia friendly yaa, masih cocok di lidah melayu. Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin mencoba mereview menu makanan halal dan murah hawker atau cantine di Jurong Point Singapura.

menu hawker jurong point

Makanan Halal dan Murah di Singapura

Seperti yang sudah diulas bahwa andalan tempat makan untuk berhemat selama di Singapura adalah dengan makan di hawker/food court. 

Biaya makan termurah kami bertiga untuk sekali makan adalah 8.5 dollar. Biaya tersebut lebih murah dibandingkan dengan mencari makanan di restoran cepat saji sperti Mc.D atau lainnya.

Untuk hawker ini tersedia di setiap daerah, terutama yang terdapat stasiun MRT. Salah satu hawker yang paling berkesan adalah cantine Jurong point. 
Dimana, cerita awalnya paksu mau menunjukan menu andalan dia saat tanggal tua waktu kerja di Singapura. Ternyata pula, daerah tersebut merupakan daerah yang akan kita lewati saat hendak menuju Jurong Bird Park. Yhaa, daerah itu adalah Jurong Point.

Perjalanan menuju Jurong point sangat mudah, kita hanya tinggal naik MRT dan turun di Boon lay. Paksu bercerita ada menu enak dan murah di cantine Jurong point tersebut, yaitu Fish Soup Singapore. Bayangan awalnya seperti sup ikan batam, namun ternyata ada perbedaan ciri khasnya lainnya.

But sebelum cerita lebih jauh, saya ingin memberikan gambaran tentang seperti apa si Cantine di Jurong Point ini. Istilah yang biasa kita dengar adalah food court mungkin yaa. Tempat yang terdapat banyak pilihan makanan serta ramah dikantong.

Makanan yang ada di cantine Jurong point ini adalah sebagai berikut Yong Taufu, Chicken Rice, Fish Soup, Ban Mian, De Laksa, Thai food, Western dan Japanesse food. Variasi harganya berkisar 3 - 5 dollar Singapura serta semua makanan disitu halal. Banyak juga penduduk lokal melayu serta wisatawan yang makan disitu.

Kami makan dua kali selama di Jurong Point. Yaitu saat makan siang dan makan malam. Pada waktu tersebut kami sempat mencoba berbagai makanan di cantine tersebut. Makanan tersebut adalah banmian, fish soup, de laksa, japanesse dan thai food. Kami juga mencoba snack aneka gorengannya dengan harga sekitar 1 dollar per 1 gorengan yang tentunya buat kami agak merasa lucu sendiri serta bersenda gurau, Cieee makan gorengan sepuluh rebu!wkwkwkwk.

Walau sepuluh ribu satu buah ya, rasa mengenyangkannya ga kalah dengan banyaknya jumlah gorengan seharga sepuluh ribu di Indonesia. Sedikit review, untuk sekelas cakwenya saja ukurannya besar dan sepertinya digoreng atau dioles dengan minyak samin, sehingga dari rasa pun unik dan lezaat.

Fish Soup Cantine Jurong Point

Fish soup di cantine ini bisa terbilang sangat signature yaa. Sop ikan tersebut memiliki rasa yang ringan, gurih dan segar. Terlebih lagi penyajian makanan dalam kondisi baru dimasak saat dipesan serta pelengkap sup yang unik.

Ada dua tipe fish soup yang disajikan, yaitu fried fish soup dan fish soup dengan berbagai macam pilihan mie yang diinginkan, seperti bihun, mie, dan masih banyak lagi. Kebetulan saat kami makan disana, kami sempat mencoba kedua tipe fish soup tersebut.

Perbedaannya terletak pada ikannya, jika fish soup ikan slicenya berasal dari ikan mentah, sedangkan fried fish soup menggunakan ikan yang sudah di goreng tepung terlebih dahulu. Penyajian fish soup sendiri untuk kedua tipe sama, dilengkapi dengan sayuran dan taburan telor goreng kering yang gurih serta daun bawang yang melimpah ruah.


Bahan pelengkap fish soup adalah sambal cair yang terdiri dari potongan cabai dengan kecap asin, dan jangan anggap remeh yaa, biar hanya potongan cabai, ternyata rasanya pedes pool. Dikarenakan saya yang terbilang penyuka pedas, saat mengambil sambal merasa tertantang, dan ternyata kepedasan.

But tetap enak kok dan untungnya saya sudah sempat makan dengan rasa original (sebelum menambahkan sambal). Jadi masih mendapatkan cita rasa asli dari fish soup itu sendiri. Menu ini terbilang lengkap ya, dalam satu mangkok fish soup sudah terwakili karbohidrat, protein, sayuran dan mineral serta dijamin makan satu mangkok pun sudah kenyang tahan lama.

Jika saya membuat perbandingan, dengan model menu serupa fish soup seperti banmian. Saya pribadi lebih prefer fish soup dibandingkan banmian. Namun ini kembali lagi ke selera ya.

So far semua menu yang saya sebutkan diatas, rasanya tidak mengecewakan dan harga yang cukup terjangkau. Sehingga jika nanti sedang berada di sekitar Jurong point, bisa mencoba makan di cantine tersebut. oiyaa, satu hal lagi, jika kita ragu memesan karena terkendala bahasa, disana kita bisa menggunakan bahasa melayu kok, jadi santai saja yaa untuk bahasa.

Selain kulineran, di Jurong point kita juga bisa membeli oleh-oleh berupa cokelat atau perlengkapan lain. Jurong point terbilang mall yang besar serta terhubung dengan stasiun transit MRT dan Bis. Makanan murah dan halal pun dapat ditemui disekitar lokasi stasiun bis seperti jajanan pasar dan street food lainnya.

Bagaimana mudah bukan menemukan makanan halal dan murah di singapura? Jangan lupa untuk mencoba Fish Soup di Cantine Jurong Point saat berada di Singapura.

Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

3 comments

  1. Semoag bisa ke Singapure dan nyicip makanan yang disebut mbaknya🥺

    ReplyDelete
  2. makan gorengan di Singapura gak bikin batuk ya tik? hihi...asiik ih ceritanya 😍 bersambung gitu dari kemarin

    ReplyDelete
  3. Cantine jurong point, aku baru tauuuu mbaaa, bole juga nih buat referensi misal ada kesempatan ke sana 🙈
    Gemes banget namanyaa hhihhi
    Semoga one day bisa main main ke Singapura

    ReplyDelete

Post a Comment