sitisartikah.com

Cara Mendapatkan SG Arrival Card

cara mendapatkan SGAC
Salah satu prasyarat untuk dapat berpergian ke Singapura adalah dengan mensubmit Singapore Arrival Card (SGAC). Jadi buat para turis yang ingin berlibur di Singapura harus mendapatkan SG Arrival Card sebagai travel pass saat masuk ke Singapura. Disini saya akan coba memberikan informasi mengenai cara mendapatkan SG Arrival Card.

Seperti yang telah diulas sebelumnya pada tips berlibur di singapura, bahwa sebelum perjalanan kita sudah harus membuat itenarary. Nah itenarary yang ada nanti akan menjadi pedoman dalam melengkapi SG Arrival Card. Dimana untuk mendapatkan SG Arrival Card harus dengan melengkapi informasi pribadi, rincian perjalanan, dan pernyataan kesehatan bagi pelaku perjalanan yang ingin masuk ke Singapura.

SG Arrival Card atau Kartu Kedatangan SG dilengkapi dengan deklarasi kesehatan elektronik sebagai salah satu prasyaratan di masa pandemi ini. Yang mana, hanya yang sudah di vaksin dua kali atau booster yang dapat masuk ke Singapura tanpa harus melampirkan hasil PCR-Covid 19.

Jadi sebelum kita masuk ke halaman submit SG Arrival Card kita akan menyediakan Deklarasi Kesehatan Elektronik yang dikeluarkan oleh pemerintah kita sebagai pemenuhan syarat perjalanan luar negeri. Deklarasi nantinya akan di input pada saat submit SG Arrival Card.
deklarasi kesehatan
Yuk simak lebih lanjut cara memperolehnya.

Deklarasi Kesehatan Elektronik RI

Salah satu file yang perlu di upload saat akan mensubmit SG Arrival Card adalah deklarasi kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah kita. File ini bisa diperoleh apabila kita sudah mendapatkan vaksinasi covid-19 sebanyak dua kali dosis (ditambah booster lebih baik).
aplikasi peduli lindungi
File ini dapat kita peroleh melalui aplikasi pedulilindungi. Adapun caranya adalah sebagai berikut :
1. Buka download aplikasi peduli lindungi di ponsel kita.
2. Registrasikan data diri
3. Pilih menu “sertifikat vaksin” akan keluar tampilan Sertifikat Vaksin, kemudian pilih “Sertifikat Perjalanan Luar Negeri”
4. Akan keluar pilihan “pilih negara tujuan” kemudian input negara tujuan yaitu “Singapura”
5. Pilih jenis sertifikat WHO atau EU, Untuk Singapura kita dapat menggunakan kedua format. Waktu itu saya memilih jenis sertifikat WHO.
6. Kemudian ikuti petunjuk lanjutannya dengan memilih nama personal dan data diri personal. Terdapat konfirmasi data diri sebelum pencetakan sertifikat. Lakukan konfirmasi.
7. Sertifikat Perjalanan Luar Negeri siap dan dapat di download untuk dapat dipergunakan kepentingan perjalanan kita.
sertifikat perjalanan luar negeri
Setelah memiliki sertifikat, itenarary perjalanan yang tertuang dalam tiket perjalanan pergi pulang serta tempat menginap, barulah kita mengurus SG Arrival Card. SG Arrival Card di submit H-3 keberangkatan. Jika kita hendak berangkat tanggal 20 Juni maka SG Arrival Card harus disubmit pada tanggal 18 Juni.

Cara Mendapatkan SG Arrival Card

Untuk dapat memperoleh SG Arrival Card secara online dengan melengkapi data diri di website https://www.ica.gov.sg/enter-depart/entry_requirements/sg-arrival-card . berdasarkan pengalaman, proses melengkapi data diri lebih nyaman dilakukan di Laptop melalui website.

Agar lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut :
2. Akan keluar tampilan “SG Arrival Card”, terdapat dua pilihan pertama untuk Singapore Citizen, Permanent Residents & Long Term Pass Holder dan kedua untuk Foreign Visitors. Pilih yang sesuai dengan anda, saya memilih yang kedua yaitu Foreign Visitors. Klik tulisan “click here”.
3. Keluar empat pilihan, kita dapat memilih individual submission apabila hanya sendiri, atau group submission. Dikarenakan waktu itu kami bertiga, maka saya memilih melakukan lewat portal group submission.
4. Kemudian akan masuk ke dalam portal yang wajib diisi oleh pelaku perjalanan. Mulai dari lead traveller sampai anggota traveller.
5. Isi semua data diri berupa nama, nomor paspor, nomor HP, email. Kemudian isi trip information dan declaration yang berisi data kedatangan, moda transportasi sampai maskapai yang digunakan (jika berpergian dengan pesawat terbang), data kepulangan serta nama akomodasi yang akan digunakan selama kita berada di Singapura.
6. Setelah melengkapi seluruh pertanyaan yang diajukan, dilanjutkan dengan mengupload sertifikat vaksin (sertifikat perjalanan luar negeri) yang tadi sudah kita download melalui aplikasi peduli lindungi.
7. Lakukan sampai semua anggota perjalanan terinput datanya.
8. Lakukan double cek seluruh data sebelum menekan submit.
9. Setelah menekan submit, kita tunggu beberapa menit akan muncul notifikasi email yang berisikan SGAC yang telah kita submit tadi. Download dokumen tersebut, satukan dengan dokumen perjalanan lainnya.
cara mendapatkan SGAC
Mudah bukan, cara mendapatkan SG Arrival Card. Alhamdulillah sistem saat ini lebih simple, sehingga memudahkan pelaku perjalanan ke singapura. Untuk yang sudah vaksinasi tidak perlu lagi melampirkan hasil PCR Test Covid-19.

SG Arrival Card ini akan digunakan saat check-in bandara, keimigrasian Indonesia dan Singapura, serta saat melakukan check-in di akomodasi atau hotel tempat menginap. Jangan lupa untuk mengorganisasi dokumen-dokumen agar memudahkan saat proses perjalanan.

SG Arrival Card merupakan salah satu prasyarata agar para turis dapat dengan mudah masuk ke Singapura dan tetap mengikuti aturan negara tersebut. Hal ini juga merupakan upaya meningkatkan jumlah turis yang berkunjung ke Singapura agar sektor pariwisata atau industri meningkat.

Di Singapura kita dapat berkunjung ke banyak obyek wisata seperti garden by the bay, merlion park, Sentosa island, Universal Studio, Jurong Bird Park dan masih banyak lainnya. Selain itu, akses menuju lokasi wisata pun mudah dijangkau. Kita hanya membutuhkan EZ-link card untuk mengakses moda transportasi umum di Singapura. 

EZ-Link tersebut dapat dibeli saat kita tiba di Bandara Chang-I. Sederhana bukan, prasyarat untuk masuk ke Singapura. Semoga dengan mengikuti tahapan cara mendapatkan SG Arrival Card tersebut, kita dapat travelling dengan aman nyaman di Singapura. Happy Holiday yaaa.
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

3 comments

  1. Wah menarik nih mba infonya, buat persiapan siapa tau dalam waktu dekat ada rezeki jalan2 ke Singapur. Agak ribet memang, ya mba...tapi biar aman, demi ke Singapur tetep dijalanin, deh... hehe

    ReplyDelete
  2. Bisa jadi catatan kalau besok ke Singapura nih hehehe

    ReplyDelete
  3. belum vaksin euyy.. gimana maunke Singapore ini? ke Jawa ge mungkin nga boleh wkwk

    ReplyDelete

Post a Comment