sitisartikah.com

Rekomendasi Aplikasi Game Edukasi Untuk Anak TK dan SD

Bagaimana kabar tahun ajaran baru nih ? Semoga anak-anak semakin baik dalam beradaptasi ya. Kali ini mau sharing soal aplikasi game yang ramah anak. Terutama untuk anak kategori usia TK dan SD kelas 1-2.

Sebenarnya pemberian game kepada anak merupakan pedang bermata dua, tsaahh.. karena bisa menjadi sebagai suatu sarana belajar dan bisa juga menjadi adiksi tertentu. Jika, penggunaannya tidak dikontrol dan tidak diimbangi dengan pengawasan dari segi muatan game.

Melihat adanya resiko dibalik keuntungan, membuat sebagian orang tua pun memilih untuk tidak memperkenalkan game terlebih dahulu kepada anak. Namun, bagi yang ingin mencoba memperkenalkan game alangkah baiknya, harus dicari terlebih dahulu mengenai konten muatan dalam game tersebut.

Ada game yang dibuat memang bertujuan untuk mengedukasi anak dan membantu memberikan beberapa stimulus kepada anak. 


Keuntungan Game Edukasi

1. Dapat memperkuat memori anak

2. Menstimulasi Motivasi Belajar (karena tampilan belajar dikemas dengan semenarik mungkin)

3. Mendukung kemandirian belajar

4. Melatih kemampuan dalam berpikir

5. Melatih kemampuan multibahasa

Berdasarkan pengalaman pribadi, ada dua rekomendasi aplikasi game edukasi yang bisa menjadi sarana belajar atau kegiatan membersamai ibu dan anak dirumah. Hal ini bisa menjadi opsi apabila, kita bingung akan melakukan aktifitas apa atau sedang dalam kondisi yang kurang fit untuk beraktifitas fisik.

Berikut rekomendasi aplikasi game edukasi anak versi saya.

1. SECIL atau SOLITE KIDS

game edukasi secil
Aplikasi Game Edukasi Secil

Solite Kids merupakan salah satu game edukasi yang dapat kita akses melalui google play store. Ada banyak macam games yang telah dihasilkan. Dan sudah lebih dari 5 juta pengguna sampai saat ini.

Secil berisi muatan edukasi mulai dari game Pelajaran anak TK dan Paud, SD yang menyisipkan muatan Islami. Cocok sekali bagi bunda-bunda yang juga ingin mengajarkan dasar-dasar islam kepada anak melalui game ini.

Dari aplikasi ini anak bisa belajar mengenai angka, huruf, menghitung, membandingkan, warna dan bentuk, mewarnai, pengenalan mengenai anggota keluarga, pengenalan mengenai ibadah seperti wudhu, sholat dan puasa.

Aplikasi ini terbilang lengkap dan dapat mestimulasi keingintahuan anak mengenai materi yang disajikan. Selain itu, aplikasi ini juga gratis ya, walau minusnya ada tampilan iklan. Untuk layanan berbayarpun ada, jadi bisa disesuaikan dengan kantong jika ingin mendapatkan layanan yang optimal dan lebih banyak fitur.

2. Khan Academy Kids

Game Edukasi Khan Academy Kids
Aplikasi Game Edukasi Khan Kids

Aplikasi edukasi favorit anakku lainnya adalah Khan Academy Kids. Khan Academy Kids dikembangkan bekerja sama dengan para ahli pembelajaran di Stanford dan selaras dengan Kerangka Kerja Hasil Pembelajaran Awal Head Start dan Standar Inti Umum.

Kalo tadi secil lebih masuk kedalam nuansa Islami ya, karena ada muatan agama didalamnya. Kalo Khan Kids ini lebih ke multi bahasa, karena menggunakan bahasa pengampu bahasa inggris.

Aplikasi ini lebih menekankan pada kemampuan literasi, membaca, menulis, bahasa dan matematika dengan kreatifitas dan membangun sosial emotionalnya. Dalam khan kids, anak diajak meningkatkan kemampuannya dan dilengkapi dengan model pembelajaran yang menarik.

Aplikasi ini pun membantu memperkaya kosakata bahasa inggris anak. sehingga lumayan membantu, dalam proses pengajaran bahasa inggris. Hebatnya aplikasi ini gratis, hanya dengan mendownload dari play store di handphone kita.

Tips Mengenalkan Game Edukasi Kepada Anak

1. Kenali Game Edukasi yang akan diberikan kepada anak, dengan melihat konten manfaat dari game tersebut. Apakah dengan pengenalan game tersebut kepada anak tujuan pembelajaran yang ingin dicapai oleh orang tua. Intinya orang tua harus tau isi dari game yang akan diberikan. Termasuk mengetahui rentang usia yang di tuju oleh game edukasi yang diberikan.

2. Pendampingan saat berkegiatan, seperti ulasan diatas, kita harus mendampingi proses bermain guna melihat kemajuan anak. Dan untuk beberapa game edukasi free ada iklan, maka kita bisa memantau iklan apa ada, sehingga dapat menjaga aktifitas apa yang dilihatnya. 

3. Kontrol waktu bermain, meskipun game edukasi namun dapat memberikan suatu adiksi kepada anak. Sehingga ibu harus memperhatikan waktu penggunaan digital terhadap anak. Hal ini pun dibagi berdasarkan usia anak.

Segala penggunaan gadget baik yang bersifat untuk hiburan atau edukasi, membutuhkan pembatasan. Agar tujuan pemberian dapat tercapai serta meminimalisir dampak dari penggunaan gadget tersebut. Sesuaikan materi dan durasi berdasarkan rentang umur.

Selamat Membersamai anak yaak
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment