sitisartikah.com

RESEP EBI FURAI FROZEN

Cung, siapa yang pengen simpel saat buatin bekel atau sarapan anak?, Pasti hampir semua emak-emak maunya simpel. Yaiyalah ya, banyak urusan domestik pula yang harus dikerjakan.

Terutama pula, bagi ibu yang mempunyai anak lebih dari satu. Keinginan memberikan makanan yang baik dan ingin juga simpel dilakukan.

Salah satu tips dan trik yang selalu saya lakukan adalah dengan membuat stok makanan frozen, ya seperti ungkepan ayam, marinasi ikan, atau katsu. Semua itu saya lakukan untuk mempersingkat kesibukan diwaktu pagi, sehingga cukup menggoreng dan hanya membuat tumisan sayur saja.

Menu andalan favorit anak saya adalah ebi furai. Sehingga saya cukup sering membuat stock frozen dari udang tersebut. Oleh karena itu, disini saya akan mencoba berbagi resep cara membuat ebi furai frozen. Yang dapat dijadikan andalan lauk sarapan atau bekal anak.

Ebi furai goreng
Ebi Furai Goreng

Resep Ebi Furai Frozen

Saya menggunakan resep dasar dari Mbak Icha Irawan (favorit saya). Mostly acuan resep saya ke resepnya mbak icha.

Ebi furai ini merupakan makanan dengan definisi cepet makannya lama buatnya. Alangkah baiknya dibuat sekaligus banyak sehingga capeknya sekalian.hehehe

Ini juara banget ya makanan idola anakku, karena kriuk gurih manis2 udang gtu.hehehe. Adapun bahan-bahannya adalah sebagai berikut :

Bahan :
1/2 kg udang (Cari ukuran yang agak besar, kupas sisakan ekornya, ini si yang buat lama, kalo mau simple beli udang yang uda dikupas, cuma harganya beda)
1 btr telur
1 buah jernip/limo
4 sdm Tepung bumbu dicairkan dengan konsistensi kental (pengganti bisa pakai terigu tambah garam merica kaldu bubuk)
Tepung roti secukupnya

Cara pembuatan :
1. Bersihkan udang dengan menyisakan ekornya, kasih jeruk nipis, garam sedikit.
bahan ebi furai
Udang Kupas

2. Balur udang ke dalam cairan tepung, kemudian telur, lalu ke tepung panir.

bahan tepung ebi furai
Baluran Ebi Furai

3. Stok dalam wadah, taruh dalam freezer, bisa langsung digoreng setelah dikeluarkan dr freezer.
ebi furai frozen siap stock
Ebi Furai Frozen

Cocok banget buat stok lauk krucil, jadi tinggal buat sayur seperti bayam atau sop atau tumisan. Bahkan bisa cuma jadi cemilan, maa syaa Allah.

Menurut saya pribadi, menyiapkan stok makanan beku atau frozen sangat membantu. Walau memang membutuhkan waktu tersendiri untuk menstok dan ini bisa disesuaikan waktunya dengan waktu luang kita.

Semoga bermanfaat.
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment