sitisartikah.com

Resep Tahu Orak-arik Sederhana

Siapa yang tidak kenal Tahu, panganan lembut dan yummy sudara tempe ini adalah pangan protein nabati yang terbilang ramah dikantong. 

Tahu yang dijual dipasaran biasanya dalam bentuk tahu putih besar, tahu cokelat, tahu sutera, tahu kuning dan tahu putih kecil.
resep tahu orak arik

Harganya pun terjangkau, sekitar 5000 per satu plastik (ada yang isi 10, ada yang 1 buah) untuk di daerah bogor. 

Berdasarkan artikel halodoc, kandungan Gizi Tahu: Energi: 80 kalori, Protein: 10,9 gram, Lemak: 4,7 gram, Karbohidrat: 0,8 gram, Serat : 0,1 gram, Kalsium: 223 miligram, Natrium: 2 miligram dan Fosfor: 183 miligram.

Protein nabati yang ada dalam tahu, dapat membantu mencukupi kebutuhan protein harian tubuh. Yang mana, protein hewani cenderung kurang serat dan bisa memperberat kerja ginjal. Sedangkan protein nabati ini lebih ramah terhadap tubuh karena cukup serat.

Tekstur tahu yang lembut dan rasanya yang plain membuat tahu dapat diolah menjadi aneka masakan yang bervariasi. Tahu dapat dimasak menjadi tahu semur, tahu orak arik, tahu bacem, tahu goreng, balado tahu, tahu bakso, gulai tahu sampai tumis sayur dengan tahu.

Wuaah kebayang yak jadi lafaarr.

Salah satu masakan yang sering saya buat adalah tahu orak arik. Caranya masaknya mudah plus sat set sat set. Karena urusan domestik lain juga menunggu dan terutama anak yang biasanya berbaris menanti bermain dengan ibu-nya. 

Tau sendirikan, kalo mamak mamak tuh yang penting simple aja. Selain masak lauk terkadang juga harus membuat camilan untuk anak-anak seperti puding, donat atau bakpao.
Agar apa, agar anaknya nyaman dengan masakan rumah, masakan ibunya.aamiin

Tahu Orak Arik

Kalo di rumah nyebutnya tahu hancur, kalo bekennya tahu orak arik kayanya. Salah satu lauk yang buat boros nasi. Halah memang doyan makan aja.

Jujur ini resep andalan ibuku dulu, karena murah meriah enak gampang. Dan biarpun saya bisa memasaknya, menurut saya buatan ibu saya yang terbaik.

Ini menu irit banget, plus bisa jadi lauk seharian makan kalo di rumah ya. Menu murah meriah yang tidak murahan, karena bergizi ya.

Bahan-bahan:
1 buah Tahu Cina Putih (segiempat besar)
1 butir telor
Kemangi secukupnya (optional)
Minyak sedikit untuk menumis

Bumbu Halus :
13 buah cabe jablay (kebetulan ada stoknya cabe ini)
4 siung Bawang putih
4 siung Bawang merah
Garam secukupnya
Totole secukupnya (optional)

Cara pembuatan :
cara masak tahu orak arik

1. Haluskan bumbu, kemudian hancurkan tahu di atas ulekan bumbu.
2. Tumis tahu yang sudah diulek dengan bumbu, sampai setengah matang, kemudian tambahkan telur.
3. Kemudian orak arik kembali sampai kering dan aroma keluar. Bisa koreksi rasa.
4. Saat sudah kering, masukan kemangi lalu matikan kompor, aduk2 biar kemangi menjadi matang dan wangi. Kemudian siapkan nasi putih hangat

~Selamat menikmati

Tahu orak arik ini agak mirip tahu pepes versi ditumis kali yaa tanpa daun.gegegege
Durasi memasak terbilang tidak lama ya, hanya sekitar 15 menit. Dan insya Allah disenangi keluarga.

~~Menciptakan sesuatu dari rumah untuk keluarga itu sangat menyenangkan~~ 
Selamat mencoba, semoga manfaat yaa.
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

1 comment

  1. wiihh Ahsan bisa makan pedes tik? jadi pengen buat aahh..

    ReplyDelete

Post a Comment