sitisartikah.com

Must Try! Cara Membuat Soto Padang Sederhana

Bismillah, Hai booster reader, semoga selalu dilindungi Allah swt.
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi menu andalah keluarga, yang insya Allah sangat menggugah selera dan bergizi baik buat keluarga. Nama menunya adalah Soto padang, menu yang erat dengan kota sejuta rasa yaitu Padang. Selain enak rasanya, cara pembuatan soto padang pun sederhana.
cara membuat soto padang sederhana
Soto padang juga mudah ditemukan di beberapa warung makan padang. Namun saya lebih suka memasaknya dikarenakan lebih hemat dan lebih sesuai dengan lidah kami.

Seputar Soto Padang

Kalau kita bicara tentang Kota Padang, tak hanya terkenal dengan Rendang dan Gulainya, ternyata banyak makanan lain yang sedap nan simple yaitu Soto Padang. Btw, Apakah readers pernah ada yang mencoba soto padang? Jika sudah pasti ketagihan.hehehe. Karena asli rasa kuahnya ringan dan nikmat.

Berdasarkan mbak wiki *Wikipedia maksudnya, Soto Padang adalah makanan berkuah kaldu sapi yang dihidangkan dengan daging yg digoreng kering, bihun dan perkedel. Lengkap kan yaa, sudah ada protein, serat dan karbo plus enak pulaa, untuk yang lagi ingin makan makanan berkuah rekomen sekali menu ini, Maasyaa Allah. Jadi laper nulisnya aja.

Kenapa Soto Padang

Cerita sedikit ya, kenapa bisa memilih menu hidangan ini untuk dimasak. Begini ceritanya..jreng jreng jreng…

Sebagai ibu pasti pengen banget menyajikan makanan yang penuh gizi, apalagi untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan membutuhkan asupan zat besi yang cukup. Nahh, salah satu bahan yang mengandung zat besi yang baik ada di daging sapi.

Dalam 100 gram daging sapi tanpa lemak terkandung sekitar 2mg zat besi. Jumlah ini memenuhi standar harian zat besi.
“Selain mencegah berbagai penyakit akibat kekurangan zat besi seperti Anemia, Manfaat zat besi juga untuk meningkatkan stamina tubuh” Alodokter
Awalnya olahan daging sapi dirumah hanya sebatas gepuk atau empal dan sop. Kok kayanya ga berkembang ya, aga kurang variasi gitu. Akhirnya mamak memutar otak mencari resep makanan kuah dengan bahan baku daging yang cocok dengan selera kami.
Daging merah sebagai sumber zat besi
Karena lidah kita adalah local punya, suka makanan khas daerah, maka saya mencoba mencari resep soto dan ketemulah resep soto padang dibuku resep mommycha. Buku resep ini andalanku banget, kalo bingung mau masak apa, biasanya pantenging terus per halaman biar dapat ide.

Lalu, saya coba resep Soto Padang itu dan hasilnya, luaar biasa, no gagal yaa. Pertama kali masak langsung pada lahap makannya, apalagi anakku suka sekali. Kalo anak uda nambah dan lahap terus tuh perasaan mamak happy banget dan yakin pasti berbisik “okeee, bakal jadi menu andalan nih, bisa masuk daftar menu rutin”.

Begitulah, sebab musabab saya memilih menu ini. Biar tidak berlama-lama, yukk langsung aja kita ulas cara pembuatan soto padang sederhana.

Soto Padang Sederhana

Bahan :
  • 500 gram Daging Sapi (bagian topside atau gandik)
  • 250 gram Tulang Sapi
  • 1 sdm Garam
  • 5 cm Lengkuas, memarkan
  • 5 cm Jahe, memarkan
  • 2 Liter air
Bumbu halus :
  • 10 siung Bawang Merah
  • 6 siung Bawang Putih
  • 3 cm Kunyit
  • 1 sdt Merica Butiran
  • 1 sdt Bubuk Kari (me: Skip)
Bahan lainnya:
  • 3 btr Kapulaga
  • 3 btr Cengkih
  • 1 Bunga Lawang
  • 6 lembar Daun Jeruk
  • 2 lembar Daun Salam
  • 2 batang Serai, memarkan
  • 1 batang Daun Bawang
  • 2 sdm Minyak untuk menumis
Bahan Pelengkap Soto :
  • Perkedel kentang
  • Kerupuk Merah
  • Sambal Merah
  • 100g Soun atau bihun (biasanya saya pakai bihun jagung), seduh di air panas hingga lunak dan tiriskan.
  • 1 btg seledri, iris halus
  • Bawang Goreng
  • Jeruk nipis

Cara Membuat Soto Padang Sederhana

1. Rebus daging sapi dan tulang bersama garam, jahe dan lengkuas hingga lunak.
2. Tiriskan daging, iris melintang tipis kemudian memarkan hingga agak pipih. Bisa langsung digunakan atau digoreng sampai garing.
3. Sisihkan kaldu rebusan daging, bisa ditambahkan jika dirasa kurang ya.
4. Tumis bumbu halus di wadah lain, tumis bersama daun jeruk, salam, serai dan daun bawang hingga wangi.
tumisan bumbu halus soto padang
5. Kemudian masukan tumisan bumbu ke dalam kaldu rebusan tadi dan didihkan dengan api kecil.
6. Setelah mendidih siap disajikan.

Cara Penyajian
Tata soun atau bihun, perkedel dan daging dalam mangkuk saji. Kemudian tuang kaldu panas, taburi dengan bawang merah dan seledri serta kerupuk.

Itulah penjabaran cara pembuatan soto padang ala mommycha. Untuk saya pribadi, pembuatan soto padang ini relatif simple ya. Kenapa saya bilang simple, karena saat merebus saya bisa melakukan aktifitas yang lain. Maklum multijob beres-beres juga.hehehe

Oiya, untuk jenis daging saya pribadi memang lebih suka daging topside atau has dalam, teksturnya lembut dan mudah empuk soalnya dan sedikit lemak yaa. Sesuai dengan kriteria daging sapi untuk asupan zat besi.

Perebusan dengan menggunakan lengkuas dan jahe membuat dagingnya lebih mudah dimakan. Terutama menu untuk anak yang agak tricky jika memakan daging, dikarenakan serat daging yang panjang.

Khusus penyajian dirumah, biasanya daging tidak digoreng, hanya sampai dipotong kecil-kecil saja. Biar hemat minyaak, hahaha. Nggak kok, memang lebih suka dengan tekstur daging rebusan dan memang lebih praktis tinggal lahap serta lebih efisien juga secara waktu. 

Begitu menyenangkan memasak menu soto padang ini karena melihat betapa semangatnya anak dan suami memakannya dengan antusias. Hal ini sama seperti saat saya membuat puding lumut kesukaan anak. Bagaimana cara membuat soto padang sederhana bukan?, Must try Insya Allah enak dan bergizi.
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

6 comments

  1. Jadi laper liat soto. Mana lagi Hujan di Palembang. Enak banget makan yang berkuah². Hehe...
    Mbak kalau pakai daging ayam bisa nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga mbak, sedaap jugaa.. palembang+hujan=tekwan jg enak ini

      Delete
  2. Ga kebayang kalo udah jadi soto nya pasti enak banget nih mbaa, mana daging lagi jadi laper hhihiii

    ReplyDelete
  3. Wah baru tahu lo mbak tentang fungsi jahe buat empukin daging, makasi ya tipsnya

    ReplyDelete
  4. wah enak sekali kak, jadi pengen buat juga kalalu ada waktu senggang

    ReplyDelete
  5. cocok nanti pas idul adha 😍 whuaaa mantap nih soto padang, bumbunya pun ga banyak amaatt ya. Biasanya kalo makanan daerah bumbunya bejibun wkwkw

    ReplyDelete

Post a Comment