sitisartikah.com

BISKUAT ACADEMY 2022 - Membangun Inner Strength

membangun inner strength

Inner strength merupakan kekuatan batin yang muncul menjadi karakter yang ada dalam diri seorang anak. Tentunya sebagai orang tua, kita menginginkan anak kita memiliki inner strength yang baik. Oleh karena itu perlu pengupayaan dalam membangun inner strength pada anak sedari dini.

Pada dasarnya setiap anak memiliki bakat dan potensinya tersendiri. Untuk melejitkan potensi tersebut perlu inner strength yang kuat. Dengan inner strength yang baik, anak dapat tumbuh menjadi seorang manusia yang memiliki mental dan psikis yang baik, mandiri, mampu memecahkan masalah, percaya diri, berani dan lainnya. Disini lah peran orang tua untuk memfasilitasi proses pertumbuhan anak agar inner strength-nya dapat keluar.

Kebutuhan Dasar Anak

Sebelum masuk bagaimana membangun inner strength anak, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai kebutuhan dasar yang harus bisa dipenuhi oleh orang tua-nya.

Dalam artikel berdamai dengan inner child dijelaskan, Ada tiga kebutuhan dasar anak yang harus terpenuhi yaitu asuh, asih dan asah. Kebutuhan asuh erat kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan fisik medis anak seperti makanan bergizi, kebersihan dan istirahat. Melalui pemenuhan kebutuhan asuh diharapkan anak akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan optimal tumbuh kembangnya.

Kebutuhan dasar selanjutnya ialah asih, hal ini erat kaitannya dengan kebutuhan emosional anak. Sangat penting anak dapat merasakan bahwa dirinya sangat dicintai, merasakan keamanan dan kenyamanan, penghargaan akan pencapaiannya dan sisi emosional positif lainnya dari kedua orang tuanya. Pemenuhan kebutuhan asih ini akan membantu anak memiliki self control yang baik saat dewasa kelak.

Terakhir, kebutuhan dasar anak adalah asah. Hal ini erat kaitannya dengan kegiatan stimulasi yang dapat mendukung perkembangan anak. Seperti kemampuan sensori motorik, kemampuan pra membaca untuk mendukung kemampuan membaca-nya kelak. Aspek asah membantu anak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Pemenuhan ketiga kebutuhan dasar akan membentuk citra diri anak yang baik atau inner strength.

Lalu, bagaimana korelasi kebutuhan dasar dan membangun inner strength anak ?

Melalui uraian diatas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa jika segala kebutuhan dasar anak terpenuhi dengan baik, maka tujuan pada masing-masing kebutuhan dapat tercapai. Hal ini berkorelasi dengan inner strength.

Dengan terpenuhinya rasa aman dan nyaman, anak akan merasa mereka dicintai, dilindungi serta diberikan kesempatan untuk melakukan eksplorasi yang mendorongnya menyelesaikan masalah dengan cara-nya yang kreatif.

Perlunya pemberian kesempatan bersosialisasi bagi anak dengan teman-temannya sehingga dia dapat belajar berinteraksi. Dalam proses sosialisasinya, dapat menjadi media kita dalam mengajarkan anak empati terhadap sesama.

Anak pun perlu dibimbing untuk menjadi mandiri sesuai usianya. Agar membangun citra diri yang percaya diri dan mandiri. Dengan bekal terpenuhinya kebutuhan dasar tersebut anak akan mempunyai kontrol diri yang baik dan membangun inner strength yang kuat.

BISKUAT ACADEMY 2022 – Mendukung inner strength anak

Dalam proses pemenuhan kebutuhan asah anak terkadang kita sebagai orang tua bingung, mencari kegiatan apa yang dapat mendukung pemenuhan kebutuhan tersebut. Salah satunya adalah kegiatan olahraga, yang akan membantu melatih aspek sensori motoric anak. Ada banyak olahraga yang bisa dilakukan seperti sepak bola.

BISKUAT ACADEMY 2022 merupakan suatu program yang dibuat oleh Biskuat yang bertujuan untuk mengembangkan inner strength anak serta mimpinya melalui cabang olahraga sepak bola ini. Biskuat tak hanya sebagai salah satu cemilan favorit anak dengan kandungan nutrisi yang baik, namun juga berusaha untuk menjadi teman asah anak dalam berlatih sepak bola.
Biskuat Kesukaan ku
Biskuat Kesukaanku

Biskuat academy membantu anak meningkatkan skill permainan sepak bola dengan menyediakan pelatih berlisensi, kesempatan untuk persiapan menjadi pemain sepak bola masa depan dan kesempatan bertemu dengan para atlet terbaik.


Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dengan mengikuti biskuat academy 2022 ini yaitu belajar teknik sepak bola dari pelatih berlisensi, belajar langsung dari pemain sepak bola nasional, memenangkan tour ke stadion eropa serta sertifikat yang ditanda-tangani oleh Kemendikbud dan Kemenpora.

Selain keuntungan diatas, anak juga akan mendapatkan peningkatan skill, pemenuhan kebutuhan asah serta kemampuan sosialisasi. Hal ini akan terakumulasi menjadi inner strength anak.

Penutup


Membangun inner strength anak adalah hal yang perlu diupayakan oleh kita sebagai orang tua. Inner strength tersebut dibangun dengan pemenuhan kebutuhan dasar anak. Pemenuhan kebutuhan dasar yang baik menghasilkan inner strength yang baik pula.

Biskuat Academy 2022 mencoba membantu orang tua memfasilitasi anaknya dalam bidang non akademik agar dapat mendorong tumbuh kembang anak melalui pemenuhan kebutuhan asah (sensori motoric). Yuk ikutaan..

Maasyaa Allah begitu banyak hal-hal yang perlu kita siapkan dalam mendidik anak. Tak hanya segi materi, namun sisi emosional dan mental pun harus kita persiapkan untuk menjaga sebaik-baiknya Amanah yang diberikan kepada kita (*mrembes, huhuhu).

Oleh karena itu, menjadi orang tua adalah menjadi pembelajar seumur hidup. Semoga Allah mudahkan, Allah mampukan dan kuatkan. Tetap Semangaat, Happy, Happy Parents Happy Child.
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment