sitisartikah.com

Manfaat Dan Cara Membuat Blog Plan Bagi Blogger

Bismillahirrahmanirrahim,

Dalam usaha menjadi seorang blogger atau momblogger professional, dibutuhkan konsistensi dalam menghidupkan keberlangsungan blog. Salah satu caranya adalah dengan membuat blog plan. Oleh karena itu disini saya akan mencoba mengulas mengenai manfaat dan cara membuat blog plan bagi blogger.

Seperti pepatah, perencanaan adalah separuh dari kesuksesan. Blog plan yang dibuat dapat membantu kita mengorganisir keberlangsungan blog kita. serta blog plan tersebut akan mempermudah blogger dalam merancang artikel yang akan dipublishnya.
Blog plan

Blog Plan

Blog plan merupakan kegiatan melakukan perencanaan blog pada kurun waktu tertentu. Berdasarkan artikel di blogspedia, terdapat 4 pembagian waktu dalam pembuatan blog plan yaitu yearly, monthly, weekly dan daily blog plan.

Pembuatan blog plan bertujuan untuk mengarahkan proses blogging sehingga target blogging dapat tercapai dan terarah. Dengan blog plan, kita dapat mengetahui targetan yang ingin dicapai serta bagaimana proses mencapainya.

Manfaat Blog Plan

Dalam memulai perjalanan sebagai blogger, saya terkadang merasa bingung harus memulai dari mana dalam membuat suatu artikel. Sehingga butuh waktu yang lama sampai akhirnya saya menulis satu artikel.

Hal ini ternyata dapat diatasi dengan membuat blog plan. Blog plan sendiri memiliki manfaat sebagai berikut :

1. Postingan blog lebih teratur dan terarah
Dengan merancang blog plan, kita dapat menentukan kapan akan menulis dan mempublish suatu tulisan. Yang nantinya akan diterjemahkan dalam jadwal harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Seperti saya pribadi berusaha untuk mencoba konsisten mempublish artikel 3x dalam seminggu sebagai target pribadi saya.
Selain teratur, blog plan juga membantu agar postingan yang kita publish menjadi lebih terarah. Karena disesuaikan dengan niche yang dimiliki oleh blog kita. Dengan demikian keseimbangan antara niche yang ada dalam blog dapat tercapai, tidak ada niche yang penuh sarang laba-laba.

2. Manajemen Waktu dan Energi
Blog plan membantu kita untuk mengatur waktu posting sehingga tidak perlu banyak memikirkan akan menulis apa saat ini. Energi pun jadi lebih hemat, karena kita sudah mempersiapkan rencana tulisan yang meliputi tanggal, niche, keyword, judul sampai pada referensi yang akan digunakan nantinya. Waktu dan energi pun akan lebih hemat.

3. Meminimalisir Writer Stuck
Dengan blog plan kita dapat menghindari kondisi gak ada ide nih,hehehe. Jadi tidak akan bingung lagi, harus menulis apa hari ini.

4. Pengarsipan artikel menjadi lebih baik
Pembuatan blog plan dapat mengorganisir artikel kita dengan baik, sehingga saat kita membutuhkan artikel pada waktu lalu, dapat dengan mudah ditemukan.

Cara Membuat Blog Plan Bagi Blogger

Terdapat tiga metode pembuatan blog plan bagi blogger yaitu sebagai berikut : manual, semi manual/printable dan digital. Dalam artikel ini akan dijabarkan cara membuat blog plan dengan metode digital atau menggunakan perangkat seperti excel atau aplikasi lainnya.

Selanjutnya kita akan mulai membuat blog plan.

1. Yearly Blog plan

Pertama-tama yang akan kita buat adalah rencana tahunan yang berisikan targetan yang ingin dicapai pada waktu berjalan kedepan. Disini kita bisa menuangkan jumlah traffic yang ingin dicapai, DA/PA yang ingin diraih, rencana aktifitas yang ingin dilakukan seperti menang lomba atau mendapatkan job dari aktivitas blogging.

Selain target, kita juga diharuskan untuk menuliskan cara mencapai tujuan itu. Bagi saya yang baru dalam bidang blogging ini, target saya masih meningkatkan traffic saya. caranya adalah dengan lebih terartur memposting artikel. Agar blog yang saya miliki sudah dikenal oleh mesin pencarian.

Proses upgrading kemampuan juga harus dituliskan, agar menguide kita untuk mencari cara meningkatkan kemampuan yang mendukung aktifitas blogging ini.
yearly plan
2. Monthly Blog Plan

Setelah menentukan target tahunan kita dalam yearly blog plan. Kali ini kita harus menerjemahkan rencana tahunan menjadi recana bulanan.

Kita menentukan berapa banyak target tulisan yang akan dipublish dalam kurun waktu sebulan, serta menentukan waktu mempublish artikel tersebut. Dalam hal ini saya mencoba membuat rencana mengikuti model yang disampaikan oleh coach marita dalam blogspedia yaitu dengan menggunakan excel dengan format nomor, tanggal, tema/niche, keyword, judul dan narasumber.

Pada monthly blog plan juga dapat dilakukan pencatatan terkait status rencana yang dilakukan, bisa ditandai dengan warna atau kolom status. Begitu pun dengan evaluasi dari setiap artikel seperti berapa jumlah PV dsb.

Kunci agar blog plan lebih terasa manfaatnya adalah dengan melengkapinya dengan riset keyword. Sehingga dapat lebih mempermudah saat mulai menulis dan artikel lebih seo on page. Dimana ketentuan keyword yang digunakan adalah dengan KD dibawah 60%, memiliki nilai CPC dan Volume dibawah 1000.

Riset keyword dapat dilakukan dengan menginstal extension whatsmyserp dan seoquake di chrome. Sebagai gambaran berikut saya lampirkan blog plan odop (one day one post) saya.
odop list
3. Weekly Blog Plan

Rencana mingguan dibuat untuk lebih detail mengorganisir kegiatan blog yang akan dilakukan pada minggu tersebut. Termasuk dengan merinci bahan-bahan rujukan yang akan digunakan dalam menulis.

4. Daily Blog Plan

Daily blog lebih mengarah kepada outline artikel. Dimana daily blog ini membantu kita untuk lebih terarah dalam menulis sehingga akan lebih runut dan tidak melebar.

Kesimpulan

Membuat blog plan memang tampak seperti hal yang memusingkan. Namun percayalah bahwa apa yang dituangkan dalam blog plan akan lebih banyak manfaatnya bagi kita dalam beraktifitas blogging.

Kita membutuhkan waktu tersendiri untuk membuat blog plan. Seperti yearly blog plan, akan dibuat pada akhir tahun, monthly blog plan pada minggu terakhir bulan berjalan dan begitupun dengan weekly dan daily blog.

Sekian penjabaran manfaat dan cara pembuatan blog plan bagi blogger. Semoga kita dapat mengaplikasikannya agar tujuan dan harapan kita sebagai blogger professional yang bermanfaat dapat terwujud.
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment