sitisartikah.com

Belajar Tawakal dari Nabi Yakub (Kisah Nabi Yusuf)

Bismillahirrahmaanirrahiim
Resume Kajian Malam
Ustadz Marjuin Fahmi,M.Pdi
25 April 2024
Sirah Nabi Yusuf
belajar tawakal dari nabi yakub

🎡 Yusuf 67
Dan dia (Yakub) berkata, "Wahai anak-anakku! Janganlah kamu masuk dari satu pintu gerbang, dan masuklah dari pintu gerbang yang berbeda; namun demikian aku tidak dapat mempertahankan kamu sedikitpun dari (takdir) Allah. Keputusan itu hanyalah bagi Allah. Kepada-Nya aku bertawakal dan kepada-Nya pula bertawakal orang-orang yang bertawakal.

🎡 Yusuf 68
Dan ketika mereka masuk sesuai perintah ayah mereka, (masuknya mereka itu) tidak dapat menolak sedikitpun keputusan Allah, tetapi itu hanya suatu keinginan pada diri Yakub yang telah ditetapkannya. Dan sesungguhnya dia mempunyai pengetahuan, karena Kami mengajarkan kepadanya. Tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

🎡 Nabi Yakub memerintahkan 11 saudara Nabi Yusuf masuk ke Mesir melalui gerbang yang berbeda-beda.

Tujuan Nabi Yakub :
1. Untuk menghindari kecurigaan.
2. Untuk menghindari penyakit ain. Karena 11 saudara Nabi Yusuf tampan atau ganteng semua, dan yang paling tampan adalah Nabi Yusuf.

🎡 Pelajaran yang bisa diambil dari ayat ini adalah :
Setiap hasil dari usaha manusia -> diserahkan/tawakal kepada Allah. Berhasil atau tidak -> terserah ketetapan Allah.

▪️Tugas manusia :
1. Berusaha semaksimal mungkin.
2. Berdoa sungguh-sungguh
3. Serahkan kepada Allah.

▪️Jangan bersandar pada usaha manusia.
Misal : Mengandalkan kepintaran, kekuasaan, harta dan lain-lain. Tapi sandarkan segala urusan kepada Allah, karena Allah yang menetapkan segala sesuatu.

🎡 Mengapa manusia diperintahkan untuk berdoa?
Karena doa bisa menolak takdir yang buruk.
▪️Hr. Abu Dawud
Dan ketetapan Allah tidak dapat ditolak kecuali dengan doa.
▪️Rasulullah mengajarkan sebuah doa :
"Allahumma inni a'dzubika min jahdil bala'i, wa darakisy syaqa'i, wa suu'il qadha'i wa syamatatil adaa'i"
Artinya :
"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari susahnya bala bencana, tertimpa kesengsaraan, buruknya takdir dan kegembiraan para musuh."
🎡 Penyakit 'Ain adalah penyakit yang berasal dari pandangan mata, baik itu berupa kekaguman atau iri dengki. misalnya : kagum dengan anak tetangga yang lucu, lalu berkata : Ih lucunya, cantik sekali (beresiko terkena 'ain). Maka katakanlah : Barakallah fiik, lucu sekali, cantik sekali.

▪️Katakan Barakallah bila kagum pada orang lain atau barang milik orang lain. Bila kagum dengan barang anak sendiri atau barang milik sendiri katakan : Maa syaa Allah, Laa haula walla kuwata illa billah.
Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

Post a Comment