sitisartikah.com

Sirah Nabawiyah Dalam Serial Ibra Berkisah

3 comments
Bismillahirrahmanirrahim,

Hari ini mamak mau review salah satu serial animasi terbaru dengan mengangkat tema islami dan mengajak anak mengenal sirah nabawiyah. Serial itu adalah Serial Ibra Berkisah. Pertama kali tau serial ini melalui perlombaan mewarnai anak TK dan SD sekaligus launching serial Ibra Berkisah.

Serial ibra berkisah pertama kali disiarkan pada tanggal 3 juli 2022 dengan judul Membelah Bulan. Ibra berkisah merupakan serial animasi garapan Manara Studio yang ditayangkan di Channel Youtube Ibra Berkisah.

Total serial yang sudah ditayangkan ada empat episode. Secara garis besar ibra berkisah menceritakan suasana kehidupan di pesantren, interaksi antara murid dan guru yang mengkaitkan setiap peristiwa yang ada dengan sirah nabawiyah.

Tokoh Dalam Ibra Berkisah

Terdapat empat karakter utama yang ditampilkan dalam cerita serial animasi ini. Karakter itu adalah Ibra, Hoho, Tokek dan Pak Kyai. Berikut uraian seperti apa karakter masing-masing tokoh dalam ibra berkisah.
  • Ibra
Ibrahim atau ibra adalah tokoh utama dalam serial ini, sosok anak pesantren yang memiliki sifat dan akhlak baik. Tutur kata ibra ini juga sangat lemah lembut, sederhana dan menjadi panutan para sahabat-sahabatnya di pesantren.
Tokoh ibra digambarkan sebagai anak yang mengkaitkan aspek kehidupan dengan perjalanan hidup Nabi Besar Muhammad SAW. Ibra membuat hoho menyadari nilai-nilai dari perjalanan hidup Rasulullah SAW. Ibra juga berusaha menjadi seorang problem solving dalam setiap permasalahan yang hadir di antara lingkup pertemanannya.
  • Hoho
Holando Nugroho atau Hoho merupakan santri baru yang masuk ke pesantren. Hoho adalah anak orang kaya zaman now, yang berpenampilan necis, serta dekat dengan gadget. Ciri khas karakter hoho ini mirip-mirip anak jaksel kalo berbicara, campuran English Indonesia.
Sifat dan kepribadian hoho sangat bertolak belakang dengan Ibra. Namun yang saya salut dengan karakter hoho disini dia mampu menerima nasihat serta kritis.
  • Tokek
Tokek merupakan anak pesantren teman ibra. Tokek digambarkan layaknya anak yang polos, sederhana dan ingin banyak tau. Sehingga dalam beberapa serial dia mudah terkena ajakan hoho untuk mencoba hal-hal baru yang tidak familiar di pesantren seperti game hp atau metaverse.
  • Pak Kyai
Pak kyai adalah guru besar pimpinan pesantren ini. Pak Kyai mempunyai wibawa sebagai pemimpin pesantren serta ilmu yang mumpuni dalam menghadapi keanekaragaman siswa pesantren. Kesederhanaan dan kelemah lembutannya namun tegas membuat Sosok Pak Kyai menjadi panutan bagi semua anak dipesantren.

Setelah berkenalan dengan tokoh-tokohnya, kita ulas sedikit yuk alur cerita episode perdana Ibra Berkisah.

Dalam episode pertamanya ibra berkisah menceritakan tentang kedatangan seorang anak baru dari Jakarta. Anak itu adalah Holando Nugroho atau hoho. Hoho datang dengan mobil sport yang kece dan tampilan modern.

Pertama kali datang hoho, merasa asing dengan suasana pesantren serta menunjukan perilaku yang berbeda dari siswa pesantren lainnya. Hoho cenderung menyukai menggunakan bahasa inggris dan selalu dekat dengan gadgetnya.

Setiba dipesantren hoho bertemu dengan Pak Kyai yang juga merupakan guru dari ayahnya hoho. Diawal pak kyai menegaskan mengenai peraturan pesantren yang hanya membolehkan penggunaan hp diwaktu akhir pekan. Hoho ditempatkan dikamar no 13 sekamar dengan ibra.

Dalam perjalanan menuju kamar, hoho tersentuh mendengar suara ibra mengaji. Kemudian ibra menyadari bahwa teman sekamarnya baru saja tiba, dan ia pun membantu hoho untuk masuk ke dalam kamar. Perkenalan pun dimulai.

Hoho yang merasa kesal dengan kehidupan dan peraturan di pesantren, mengeluhkan semua kondisi yang ada kepada ibra. Dari tidak boleh menggunakan HP sampai kondisi kamar yang tidak ada AC.

Saat hoho merasa tidak bisa tidur karena kondisi kamar yang panas, ibra mencoba menghibur dan memberikan saran agar hoho mencoba memejamkan mata, “Insya Allah bisa tidur” Ucapnya. Namun hoho bersikeras bahwa impossible, dia bisa tidur ditempat ini.

Lalu ibra menjawab dengan menceritakan kisah hidup Rasulullah SAW dimana rumah yang ditinggali oleh Rasulullah SAW lebih sempit dan panas dari tempat yang ditinggali hoho saat ini. Namun Rasulullah SAW tidak pernah mengeluh.

“Apa hubungannya, karena Nabi Muhammad hidup di Ancient time, tentu belum ada AC” sahut Hoho.

“Ya jelas ada hubungannya Ho, Nabi Muhammad adalah manusia yang paling di cintai oleh Allah SWT tapi hidup dalam kesederhanaan, rumah beliau panas ndak ada AC tapi tidak pernah sekalipun beliau mengeluh. Kita nabi bukan, tapi selalu mengeluh” ibra menguraikan pendapatnya.

Hoho pun mengiyakan kalau ia tau cerita itu tapi merasa masih belum paham hubungannya dengan kondisinya saat itu karena baginya itu tidak relevant lagi di masa ini. Lalu situasi pun mulai memanas karena ibra tetap berpendapat kalau itu relevant..

Penasaran silahkan cekidot di Channel Youtube Ibra Berkisah.

Sirah Nabawiyah Dalam Ibra Berkisah

Serial animasi ibra berkisah mencoba mengenalkan anak-anak atau penontonnya dengan perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW. Dalam setiap episodenya team kreatif menampilkan hubungan antara kondisi saat ini dengan kisah Rasulullah SAW.

Seperti Episode satu mengenai salah satu keajaiban Rasulullah SAW atas izin Allah SWT yaitu membelah bulan dengan menggarisnya sebagai bukti kenabiannya. Keajaiban Rasulullah SAW atas izin Allah SWT tersebut juga telah dibuktikan oleh ilmu pengetahuan.

Ibra berkisah diharapkan menjadi wadah tarbiyah anak-anak untuk mengenal lebih dekat kepada sosok Nabi Muhammad SAW. Belajar sirah nabawiyah pun menjadi terasa lebih menyenangkan dan membuat anak terpacu untuk menggali lebih jauh lagi mengenai kisah hidup Nabi Muhammad SAW. Dan Ibra berkisah pun dilengkapi dengan musik yang enak sehingga membuat nyaman disaksikan.

Yuk kita ikuti dan saksikan kisah sirah nabawiyah dalam ibra berkisah.


Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

3 comments

  1. Wah ini animasi anak ya mbak? Makais ya rekomendasi baru lihat hihi

    ReplyDelete
  2. liat artikel ini langsung liat youtubenya
    ah ga sabar buat nonton full deh

    ReplyDelete
  3. Waah, masih lumayan anget yaa. Buat ide tontonan keluarga bisa niih..

    ReplyDelete

Post a Comment