sitisartikah.com

Cara Membuat Kolagen Alami Di Rumah

1 comment
kolagen alami di rumah

Kolagen telah menjadi tren kesehatan kulit saat ini, banyak klaim mengenai pentingnya asupan atau suplemen kolagen bagi Kesehatan kulit.

Sering sekali kita dengar minuman kolagen, suplemen kolagen. Sebenarnya apa sih kolagen itu? Seberapa pentingkah untuk Kesehatan kulit? Dan bisa kah membuat kolagen sendiri dirumah.

Untuk itu, saya akan mencoba mengulas sedikit mengenai kolagen dan cara membuat kolagen alami di rumah.

Kolagen

Kolagen adalah salah satu jenis protein alami dalam tubuh yang berfungsi sebagai zat pembangun utama kulit hingga tulang. Ketersediaan kolagen dalam tubuh dapat berkurang seiring bertambah usia, intensitas paparan sinar ultraviolet dan lainnya.
kolagen tubuh
Kolagen Dalam Tubuh

Kekurangan kolagen dapat menyebabkan tubuh tidak dapat menjalankan perannya sehingga menimbulkan masalah seperti penuaan kulit, inflamasi, penyembuhan luka yang lama, masa otot menurun dan tulang rawan melemah (nyeri sendi).

Oleh karena itu dibutuhkan asupan kolagen dari luar. Sehingga kebutuhan kolagen tubuh tercukupi. Banyak pula yang menambah kolagen dalam tubuh dengan suplemen atau asupan makanan langsung seperti kuah shabu-shabu yang base-nya kolagen.

Manfaat Kolagen Bagi Tubuh

Seperti yang telah disinggung diatas, kolagen memiliki berbagai peran dalam aktifitas tubuh seperti antioksidan, antiinflamasi, antidiabetes dan antikanker sehingga banyak digunakan dalam kegiatan farmasi, kosmetik, biomedis dan suplemen.

Secara umum manfaat kolagen asupan dapat bermanfaat sebagai berikut :
1. Memelihara kesehatan kulit, termasuk memperlambat penuaan, keriput dan buat kulit lebih elastis.
2. Menjaga kesehatan sendi
3. Meningkatkan masa otot
4. Mencegah kerusakan tulang
5. Menjaga kesehatan jantung

Cara Membuat Kolagen Alami Di Rumah

Banyak bahan makanan yang memiliki kadar kolagen yang tinggi yang bisa dijadikan sumber asupan makanan kolagen antara lain : ayam, ikan, bawang putih, putih telur, jeruk, buah beri, sayuran hijau, susu, jambu biji dan lainnya.

Salah satu kolagen alami yang paling terkenal adalah kolagen dari tulang. Sering kita temui dalam bentuk kolagen base sup yang biasa ada di tempat makan shabu-shabu. Dimana rasanya enak dan harga yang relative mahal sehingga mamak-mamak pasti akan berpikir jika ingin berkali-kali untuk pergi menikmati kolagen tersebut.

Mengingat betapa pentingnya kolagen dalam tubuh, terutama di masa umur yang makin bertambah ini. Maka mulai lah mamak mencari-cari apakah ada resep membuat kolagen base soup. Dan alhamdulillah ternyata dapat. Terlebih lagi cara dan bahannya relatif mudah ditemukan serta murah harganya.

Dalam pembuatan kolagen base soup ini, bahan utama yang digunakan adalah ceker dan tulang ayam. Mudah dan murah bukan?. Dengan mengeluarkan biaya yang ringan kita bisa menghasilkan makanan superfood yang baik untuk tubuh.

Kunci sukses pembuatan kolagen base sup ini sangatlah mudah hanya butuh sabar.hehehe. Dikarenakan proses pemasakan yang relative lama.

Untuk lebih jelasnya yuk kita liat cara pembuatan kolagen alami di rumah dibawah ini.

KOLAGEN BASE SOUP dari Ceker Ayam&Tulang Dada

(Modifikasi resep Yuda Bastura)

Bahan :
Ceker Ayam 250grm (jangan lupa untuk minta dipotong kukunya)
Tulang Ayam bagian dada yang sudah difillet 1
(Biasanya kalo kepasar, saya minta dipisahkan bagian daging dada dengan tulangnya)
Daun bawang, seledri secukupnya.
Air 2 liter

Cara pembuatan :
Rebus bahan dengan api kecil selama 5 jam, pada 1 jam pertama seledri dan daun bawang diangkat. Jika saat proses perebusan air berkurang banyak, tambahkan jumlah airnya.

bahan baku kolagen ceker tulang
Perebusan Ceker&Tulang Ayam

Sebenarnya pada 3 jam pertama perebusan ceker dan tulang ayam sudah keluar kolagennya. Namun saya lebih menyukai agak lebih pekat secara warna (putih), jadi lama proses perebusan mengikuti resep utama dibuat sampai 5 jam.

Setelah 5 jam, saya pisahkan sisa ceker dan tulang dengan kaldu kolagennya. Kolagen yg sudah jadi, dapat ditaruh di dalam chiller jika akan disantap dalam waktu dekat. Kalau mau lebih lama bisa ditaruh freezer dalam wadah tertutup.

Bentuknya elastis berwarna putih, bisa bergoyang seperti agar-agar. Maa syaa Allah.. 5 jam yang menyenangkan. Serius worth it kok..

Terkait sisa ceker hasil perebusan tentu saja tetap dimanfaatkan ya, biasanya saya kasih bumbu cabai ulek seperti dibalado. Kemudian disantap sebagai lauk, walau rasa bawaan cekernya sudah berkurang namun tetap seru dimakan.hehe ceker lovers.
sisa ceker
Olahan Ceker Sisa Perebusan

Beberapa resep byk yg menggunakan magic com, slow cooker atau presto, tapi saya pribadi tim panci aja. Wajar si harga yang dipatok relatif mahal buat kolagen base soup, apalagi kalau yang berasal dari tulang sapi. 

Namun dengan penggunaan bahan alternatif seperti ceker ayam ini, bisa membuat kolagen base soup lebih ekonomis apalagi dibuat dirumah.

Ribet? Nggak kok, selagi merebus, kita bisa mengerjakan hal lain. Yang terpenting kita ingat pada jam ke-5 harus sudah mematikan kompor.

Cara Pemakaian Kolagen Base Soup

Honestly, cara menggunakannya mudah, kita tinggal memanaskan kolagen tersebut agar Kembali cair menjadi kuah. Untuk penambahan rasa, dapat dengan menambahkan garam serta bumbu lainnya.
Pemanasan Kolagen Base Soup
Pemanasan Kolagen Base Soup

Kuah kolagen tersebut dapat ditambah dengan daging sukiyaki, seafood, sayuran seperti jamur enoki atau pokcoy, tentunya disesuaikan dengan kondisi bahan yang ada dirumah aja yaa mama mama. Agar tetap terjangkau dikantong juga. Pemanasannya pun jangan lama-lama yaa.

Penutup

Satu hal yang selalu saya pegang, bahwa makanan yang baik berasal dari rumah. Jadi jangan pernah berhenti bereksplorasi untuk menyajikan hidangan penuh gizi untuk keluarga. Mencoba dan terus mencoba menyajikan yang terbaik.

Selamat mencoba cara membuat kolagen alami dirumah dengan bahan baku ceker dan tulang ayam. Semoga bermanfaat.



Siti Sartika Hardiyanti
Assalamu'alaikum, Welcome to My Blog Housewife journal berisikan lifestyle parenting, cooking dan book's review. Semoga blog ini bermanfaat yaa, Good reading, Happy mood

Related Posts

1 comment

Post a Comment